Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Mengetahui Hasil Real Count Pilkada Serentak 2020

Kompas.com - 09/12/2020, 16:01 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (9/12/2020), masyarakat di 270 daerah di Indonesia menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020.

Hasil hitung cepat biasanya banyak dicari oleh masyarakat ataupun pasangan calon untuk mengetahui perolehan suara sementara.

Sejumlah pihak atau lembaga survei biasanya akan menampilkan hasil dari penghitungan cepat atau quick count dari penyelenggaraan pemilu.

Baca juga: Berikut Daftar 270 Daerah yang Gelar Pilkada Serentak 9 Desember 2020

Kali ini, masyarakat dapat mengetahui atau memantau hasil real count Pilkada Serentak 2020 melalui laman Info Pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka laman Info Pemilu.

2. Pada menu "Jenis Pemilihan" pilih "Pilkada 2020".

3. Selanjutnya klik menu "Hasil" yang ada di pojok kanan atas.

4. Di sana akan muncul peta daerah pemilihan dan hasil penghitungan suara sementara untuk 9 provinsi yang menggelar Pilkada.

5. Untuk melihat hasil di penghitungan di suatu wilayah, pilih menu "Tampilkan Filter".

Baca juga: 5 Negara yang Menunda dan Melanjutkan Pemilu di Masa Pandemi Corona

Foto dirilis Minggu (8/12/2019), memperlihatkan petugas mencatat suara saat perhitungan suara pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kudus. Pesta demokrasi Pilkades Serentak 2019 berlangsung di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di Kudus yang diikuti sebanyak 115 desa dari 9 kecamatan dengan 286 kontestan.ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO Foto dirilis Minggu (8/12/2019), memperlihatkan petugas mencatat suara saat perhitungan suara pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kudus. Pesta demokrasi Pilkades Serentak 2019 berlangsung di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di Kudus yang diikuti sebanyak 115 desa dari 9 kecamatan dengan 286 kontestan.

6. Pilihlah salah satu menu yang Anda inginkan, "Pemilihan Gubernur"  atau "Pemilihan Bupati/Wali Kota", tetapi ketika Kompas.com mencobanya, hanya hasil penghitungan Pemilihan Gubernur yang bisa ditampilkan, sedangkan Pemilihan Bupati/Wali Kota tidak bisa.

7. Jika sudah meng-klik pilihan "Pemilihan Gubernur", isikan kolom "Pilih Provinsi" yang tepat ada di bawah pilihan sebelumnya dengan provinsi mana yang ingin Anda ketahui hasil penghitungan suaranya.

8. Di sana, Anda kembali diminta memilih apakah ingin mengetahui "Hitung Suara", "Rekapitulasi", atau "Penetapan", pilih salah satunya.

9. Lebih lanjut, Anda juga bisa mengisi detail wilayah yang lebih rinci, meliputi kabupaten hingga kecamatan di provinsi tersebut.

10. Jika sudah, klik "Sembunyikan Filter".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com