Benarkah Penderita Diabetes Harus Hindari Makanan Manis dan Gula?

Kompas.com - 02/12/2020, 15:03 WIB
ilustrasi diabetes simpson33ilustrasi diabetes

KOMPAS.com - Diabetes atau kadar gula dalam darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang diderita sebagian masyarakat.

Sejumlah makanan yang manis dan mengandung gula disebut menjadi pantangan. Namun, benarkah hal tersebut?

Ahli Gizi Komunitas, Dr Tan Shot Yen, menjelaskan sebenarnya tidak ada larangan spesifik bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan manis.

Sebab, menurutnya, gula dibutuhkan tubuh.

" Gula adalah hasil pemecahan karbohidrat. Gunanya? Kestabilan gula darah yang membuat organ-organ tubuh bekerja baik, termasuk otak untuk berpikir. Kedua, menghasilkan tenaga," kata Tan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Akan tetapi, yang perlu dipahami penderita diabetes, konsumsi sumber karbohidrat yang proses pemecahan gulanya cepat dapat meningkatkan secara cepat kadar gula dalam darahnya.

Baca juga: Rutin Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Cegah Keparahan Covid-19

Tan menegaskan proses pemecahan karbohidrat tidak ditentukan apakah seseorang menderita diabetes atau tidak, melainkan pada jenis sumber karbohidrat yang dikonsumsi.

"Akan lebih baik jika gula berasal dari karbohidrat yang lambat dipecah, jadi gula darahnya enggak dadakan melejit. Semakin senyawa karbonya sederhana, tentu semakin mudah dipecah
oleh enzim-enzim pencernaan," ujarnya.

Gula dari sumber karbohidrat yang lambat dipecah bisa didapatkan dari sejumlah makanan. Di antaranya beras merah, brokoli, pisang, jagung, buncis, sayuran berdaun hijau, apel, kentang, dan ubi.

Sebaliknya, yang membahayakan untuk dikonsumsi adalah gula dari produk-produk rafinasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X