Libur Akhir Tahun 11 Hari? Ini Saran dari Sejumlah Kalangan

Kompas.com - 29/11/2020, 12:51 WIB
Ilustrasi libur panjang KemenparekrafIlustrasi libur panjang

 

KOMPAS.com - Libur akhir tahun dijadwalkan akan dimulai pada 24 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021.

Ini merupakan penggeseran jatah cuti bersama Idul Fitri 1441 Hijriah berdasarkan Keputusan Presiden tentang Cuti Bersama Pegawai ASN Tahun 2020 yang ditandatangani pada 18 Agustus 2020.

Dengan tambahan itu, libur akhir tahun 2020 akan berjumlah 11 hari.

Namun, durasi libur akhir tahun yang begitu panjang ini menuai polemik dari sejumlah pihak. Pasalnya, selalu ada lonjakan kasus Covid-19 selepas libur panjang.

Baca juga: Libur Panjang, Perlukah Sejenak Melupakan Media Sosial?

Berikut beberapa saran terkait libur panjang akhir tahun ini:

Ganjar usulkan ditiadakan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan agar pemerintah menghapus cuti bersama pengganti yang dijadwalkan pada akhir tahun ini.

Sebab, Jawa Tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19 setelah libur panjang akhir Oktober 2020.

"Hipotesis kita iya mengatakan karena libur panjang. Karena data di Jateng itu tanggal 10 sampai 21 November ini garisnya tinggi lumayan naik. Nah, posisi ini rasa-rasanya sudah kita hitung kemarin karena liburan," kata Ganjar, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Karenanya, ia berharap libur panjang akhir tahun ditiadakan, demi mencegah peningkatan kasus sebagai dampak dari liburan.

Baca juga: Bank Dunia, Covid-19, dan Ancaman Kemiskinan Ektrem Global...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X