[HOAKS] Wawancara Catut KAI Minta Video Pelamar Tunjukkan Bagian Tubuh

Kompas.com - 20/11/2020, 17:28 WIB
Informasi hoaks wawancara atas nama PT KAI yang meminta pelamar membuatkan video dengan berpakaian terbuka. KAIInformasi hoaks wawancara atas nama PT KAI yang meminta pelamar membuatkan video dengan berpakaian terbuka.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Sebuah akun Instagram mencatut PT Kereta Api Indonesia (Persero) meminta pelamar mengirimkan video dengan menunjukkan sejumlah bagian tubuh.

PT KAI menegaskan, dalam proses rekrutmen, tidak pernah meminta pelamar mengirimkan video dengan menunjukkan bagian tubuh.

Awalnya, akun Twitter @SekteSeblak pada Minggu (15/11/2020) mengetwit isi percakapan yang terjadi di platform Instagram antara seseorang dengan akun Instagram bernama recruitmentkai. Isi percakapan soal proses wawancara.

Dalam pembicaraan itu, akun recruitmentkai minta pelamar membuat video berdurasi 30 detik yang isinya menayangkan pelamar mengenakan pakaian tanpa lengan (tanktop).

Pelamar diminta memperlihatkan bahu kanan dan kiri serta perut serta bersikap tenang.

Sebelumnya, akun itu menanyakan apakah si pelamar memiliki luka di bahu kanan dan bahu kiri serta di perut.

Akun Twitter @SekteSeblak melayangkan tangkapan gambar isi pembicaraan itu ke akun resmi Kereta Api Indonesia @KAI121 di Twitter.

Akun @KAI121 menanggapi twit itu dengan memberi penjelasan bahwa PT KAI hanya memiliki dua akun resmi Instagram, yakni @KAI121_ dan @keretapikita.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dalam proses rekrutmen, KAI tidak memungut biaya sepeser pun seperti uang muka, uang tanda jadi, penggantian biaya akomodasi atau segala jenis biaya serupa.

Tak ada pula proses wawancara yang dilakukan secara daring.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X