Kompas.com - 06/11/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - WhatsApp merilis fitur pesan sementara. Pesan baru yang dikirim akan menghilang secara otomatis setelah 7 hari.

Melansir The Guardian, fitur dirancang untuk memungkinkan penggunannya mengurangi jejak digital.

Setelah pembaruan yang diluncurkan pada Kamis (5/11/2020), pengguna dapat mengatur opsi bagi setiap obrolan individu atau grup, untuk menghapus pesan secara otomatis setelah mengirimkannya.

Aplikasi yang dimiliki Facebook ini memutuskan untuk tidak menawarkan fleksibilitas kepada penggunanya, alias tak tersedia pilihan untuk mengubah lamanya waktu pesan tersimpan, termasuk gambar dan video.

"Kami memulai dengan tujuh hari karena menurut kami ini menawarkan ketenangan pikiran bahwa percakapan tidak (tersimpan) permanen," kata perusahaan dalam keterangan tertulis.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan mengetuk nama obrolan di bagian atas layar, lalu di bagian bawah terdapat opsi "pesan menghilang" untuk mengaktifkannya.

Jika pengguna menggunakan fasilitas ini, hal tersebut tidak akan menghapus pesan lama sebelum fitur diaktifkan.

Sementara bagi obrolan grup, yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur hanya admin.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Hilang Otomatis 7 Hari

Fitur pesan sementara

Melansir informasi resmi dari WhatsApp, seseorang dapat mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis dengan mengaktifkan fitur pesan sementara.

Setelah diaktifkan, pesan baru yang dikirim pada chat akan hilang setelah 7 hari. Setelan yang terbaru akan mengendalikan semua pesan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X