Ini Tahapan dan Cara Melakukan Sanggahan Hasil CPNS 2019

Kompas.com - 30/10/2020, 16:05 WIB
Tangkapan layar Buku Petunjuk Pengisian DRH dan Sanggah Hasil SKB oleh BKN BKNTangkapan layar Buku Petunjuk Pengisian DRH dan Sanggah Hasil SKB oleh BKN

KOMPAS.com - Pengumuman hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 sudah bisa diakses pada hari ini, Jumat (30/10/2020).

Pengumuman CPNS 2019 bisa diakses dengan login ke laman SSCN untuk mengakses pengumuman kelulusan peserta CPNS 2019.

Hasilnya juga bisa dicek di laman masing-masing kementerian/instansi.

Peserta yang lulus akan ada pilihan untuk melengkapi pemberkasan atau mengundurkan diri. Pemberkasan CPNS 2019 dilakukan secara online di website SSCN.

Bagi yang tidak lulus, ada pilihan untuk mengajukan sanggahan atau tidak menyanggah.

Masa sanggah diberikan bagi peserta yang tidak lulus CPNS 2019 , tetapi ingin mengajukan sanggahan atas hasil tersebut.

Baca juga: Tak Puas dengan Pengumuman Hasil CPNS 2019? Ini Cara Ajukan Sanggahan!

Soal pengajuan sanggahan

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto menjelaskan, peserta bisa menyanggah hal-hal penting yang bisa berdampak pada perubahan hasil.

"Hal-hal yang bisa berdampak pada perubahan hasil. Kalau sanggahan diterima, tapi tidak berpengaruh terhadap perubahan hasil, tidak perlu disampaikan," kata dia, dalam konferensi pers BKN melalui Zoom Meeting, 15 Oktober 2020.

Sanggahan itu ditujukan ke instansi terkait karena yang mengumumkan adalah instansi tempat melamar.

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, menjelaskan, contohnya jika peserta memiliki bukti nilai yang bisa mengubah hasil tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X