Benarkah Lapan Sedang Mencari Alien? Ini Penjelasan Lengkapnya...

Kompas.com - 27/10/2020, 22:28 WIB
Perhitungan baru menemukan jika jarak planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius. (NASA/JPL)Perhitungan baru menemukan jika jarak planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius.

KOMPAS.com - Media sosial Twitter ramai dengan topik " Lapan" dan " Alien" pada Selasa (27/10/2020).

Kata kunci "Lapan" ditwit sebanyak 1.785 kali dan "Alien" lebih banyak yaitu 38.600 kali. 

Sejumlah netizen menyebut bahwa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) tengah memiliki projek untuk mencari alien.

"Lapan mo nyari alien sama planek layak huni,,Kalo nemu yg gak layak skalian aja renovasi minta dana BSPS," tulis akun Twitter sang pemimpin, @HamidFa32881616.

"Orang Indonesia mah aneh, lapan cari alien dan planet layak huni dibilang halu," tulis akun Twitter Nama tidak boleh kosong, @jejdhdbridygaad.

Baca juga: Peneliti Sebut Alien di 1000 Bintang Terdekat Bisa Awasi Bumi

Benarkah Lapan tengah memiliki projek "mencari alien"?

Menanggapi hal itu, Peneliti Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Lapan, Emmanuel Sungging Mumpuni membantah kabar bahwa Lapan sedang mencari alien.

"Untuk klarifikasi, kami tidak pernah membuat rencana penelitian mencari alien, padahal peneliti yang bersangkutan tidak menyebut soal alien," ujar Emmanuel saat dihubungi Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Observasi astronomi

Sementara itu, Kepala Lapan Thomas Djamaludin menjelaskan bahwa sejak 2017 pihaknya bersama Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Nusa Cendana (Undana), Pemerintah Provinsi NTT dan Pemkab Kupang membangun Observatorium Nasional di Gunung Timau, Kabupaten Kupang, NTT.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X