Ramai Dibicarakan, Pulau Mana Saja yang Dihuni Komodo?

Kompas.com - 27/10/2020, 19:04 WIB
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan BOPLBF melaksanakan famtrip dengan media di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Minggu, (13/9/2020). (HANDOUT/BOPLBF) HANDOUT/BOPLBFKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan BOPLBF melaksanakan famtrip dengan media di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Minggu, (13/9/2020). (HANDOUT/BOPLBF)

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, media sosial diramaikan proyek pembangunan geopark bertajuk "Jurassic Park" yang dilakukan di Pulau Rinca, bagian dari Taman Nasional Komodo (TNK).

Seperti diketahui, Pulau Rinca merupakan salah satu habitat dari populasi komodo, yang termasuk hewan langka dan harus dilindungi.

Pulau Komodo dan Pulau Rinca telah ditetapkan sebagai taman nasional sejak 1980.

Hal tersebut dilakukan untuk melindungi satwa komodo atau varanus komodoensis, hewan endemik purba yang bisa ditemukan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Melihat Deretan Proyek Jurassic Park di Kawasan Taman Nasional Komodo...

Lantas, pulau mana saja yang dihuni oleh komodo?

"Anak rumahan"

Diberitakan Kompas.com, 14 November 2018, komodo hanya ditemukan di Indonesia. 

Melansir Encylopaedia Britannica (2015), komodo terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami, NTT.

Dalam sebuah studi yang dilakukan, komodo bukannya tidak bisa menjelajah daerah lain, tetapi mereka tidak ingin melakukannya. 

Saat dilakukan pengamatan selama satu dekade, ditemukan bahwa komodo tidak pernah meninggalkan tanah kelahirannya sepanjang hidup.

Para peneliti pun menyebut komodo sebagai kelompok homebody atau "anak rumahan" yang sesungguhnya. 

Mengutip Antara, 16 Juli 2019, Balai Taman Nasional Komodo melaporkan jumlah komodo di TNK kurang lebih 2.800 ekor. 

Baca juga: Trending #SaveKomodo, Ini Sederet Fakta Seputar Komodo

Pulau-pulau habitat komodo

Jumlah komodo di kawasan TNK bersifat fluktuatif karena kondisi alam.

Artinya, jika jumlah mangsa atau makanan naik, akan disertai dengan populasi. Begitu pula sebaliknya. 

TNK terdiri dari kurang lebih 147 pulau dengan luas mencapai 137 ribu hektar.

Berikut profil sejumlah pulau yang dihuni komodo:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X