Amy Coney Barret Ucap Sumpah Jabatan Hakim Agung AS, Begini Sosoknya

Kompas.com - 27/10/2020, 15:50 WIB
Hakim Amy Coney Barrett berbicara setelah Presiden Donald Trump mengumumkannya sebagai calon di Mahkamah Agung, di Rose Garden di Gedung Putih, Sabtu, 26 September 2020, di Washington. AP/Alex BrandonHakim Amy Coney Barrett berbicara setelah Presiden Donald Trump mengumumkannya sebagai calon di Mahkamah Agung, di Rose Garden di Gedung Putih, Sabtu, 26 September 2020, di Washington.

KOMPAS.com - Amy Corney Barret resmi terpilih sebagai Hakim Agung Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari AP News, Selasa (27/10/2020), pengambilan sumpah jabatan Barret dilaksanakan di Gedung Putih pada Senin (26/10/2020) waktu setempat.

Barrett terpilih sebagai Hakim Agung AS setelah pemungutan suara yang berlangsung sengit antara Partai Republik dengan Partai Demokrat.

Perempuan berusia 48 tahun itu terpilih setelah hasil voting menunjukkan skor 52-48 untuk kemenangannya. Dukungan untuk Barrett berasal dari Partai Republik.

Pada saat pelantikan, Hakim Clarence Thomas bertugas membacakan Sumpah Konstitusional yang diikuti oleh Barrett di hadapan sekitar 200 orang.

Barrett mengatakan kepada mereka yang hadir bahwa dia percaya adalah tugas seorang hakim untuk lepas dari kepentingan-kepentingan pribadi.

"Saya akan melakukan pekerjaan saya tanpa rasa takut atau pertimbangan balas budi," kata Barrett.

Baca juga: Amy Coney Barrett Jadi Hakim Agung, Trump: Ini Hari Penting bagi AS

Diusulkan Trump

Pencalonan Barret sebagai Hakim Agung AS diusulkan Presiden AS Donald Trump pada Sabtu (26/9/2020).

Diberitakan Kompas.com, 28 September 2020, sebelumnya jabatan itu dipegang Ruth Bader Ginsburg yang meninggal dunia karena kanker, sepekan sebelumnya.

Barret merupakan lulusan Notre Dame Law School, AS. Dia sempat bekerja di sebuah firma hukum swasta di Washington selama tiga tahun, sebelum kembali ke Notre Dame pada 2020 untuk mengajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X