Tak Mati Terlindas Mobil, Apakah Kumbang Ironclad Ada di Indonesia?

Kompas.com - 27/10/2020, 14:13 WIB
Foto 2016 ini disediakan oleh University of California, Irvine, menunjukkan seekor kumbang berpakaian besi yang garang, yang dapat bertahan meski dihancurkan oleh kekuatan hampir 40.000 kali berat tubuhnya dan berasal dari habitat gurun di California Selatan. Para ilmuwan mengatakan bahwa pelindung kumbang yang tampaknya tidak bisa dihancurkan dapat memberikan petunjuk untuk merancang pesawat dan bangunan yang lebih kuat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Rabu 21 Oktober 2020 di jurnal Nature, sekelompok ilmuwan menjelaskan mengapa kumbang sangat tahan terhadap remasan. AP/Jesus RiveraFoto 2016 ini disediakan oleh University of California, Irvine, menunjukkan seekor kumbang berpakaian besi yang garang, yang dapat bertahan meski dihancurkan oleh kekuatan hampir 40.000 kali berat tubuhnya dan berasal dari habitat gurun di California Selatan. Para ilmuwan mengatakan bahwa pelindung kumbang yang tampaknya tidak bisa dihancurkan dapat memberikan petunjuk untuk merancang pesawat dan bangunan yang lebih kuat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Rabu 21 Oktober 2020 di jurnal Nature, sekelompok ilmuwan menjelaskan mengapa kumbang sangat tahan terhadap remasan.

KOMPAS.com - Belakangan ini, di media sosial ramai perbincangan tentang seekor kumbang yang diperlihatkan mampu bertahan hidup meski telah dilindas mobil.

Kemampuan kumbang tersebut dapat dilihat pada video-video yang beredar di media sosial Twitter, salah satunya yang diunggah oleh akun @SDG2030 pada Jumat (23/10/2020).

Diberitakan Kompas.com, Minggu (25/10/2020), kumbang tersebut bernama ironclad atau kumbang besi.

Ketahanan tubuh kumbang tersebut sangat luar biasa, karena mampu bertahan dari tekanan sekitar 39.000 kali beratnya sendiri.

Jika dianalogikan, kemampuan itu setara dengan seorang pria dengan bobot 200 pon atau 90 kilogram yang mampu menahan tekanan sebesar 7,8 juta pon.

Baca juga: Kumbang Tangguh Ini Jadi Inspirasi Ilmuwan untuk Rancang Pesawat Lebih Kuat

Lantas, apakah kumbang ironclad bisa ditemukan di Indonesia?

Peneliti Kumbang dari Museum Zoologicum Bogoriense, Pusat Penelitian Biologi, LIPI, Raden Pramesa Narakusumo, mengatakan kumbang ironclad memiliki nama ilmiah phloeodes diabolicus dan berasal dari famili zopheridae.

"Secara spesifik, kumbang jenis ini, phloedes diabolicus, tidak ditemukan di Indonesia karena habitatnya ada di benua Amerika. Tapi ada juga jenis-jenis lain dari zopheridae yang hidup di wilayah Indonesia," kata Pramesa saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Pramesa menjelaskan, alasan di balik kekuatan kumbang ironclad yang luar biasa adalah memiliki eksoskeleton yang tebal dan sangat kuat.

Baca juga: Apa Rahasia Ironclad, Si Kumbang Super yang Tak Mati Terlindas Mobil

Eksoskeleton adalah lapisan "tulang" yang melapisi organ tubuh lainnya. Lapisan ini dimiliki oleh serangga, berbeda dengan hewan vertebrata yang memiliki endoskeleton.

Halaman:

Sumber Kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X