Studi: Perlindungan Terhadap Virus Corona Menurun di Populasi Inggris

Kompas.com - 27/10/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi antibodi yang menyerang virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. SHUTTERSTOCK/Kateryna KonIlustrasi antibodi yang menyerang virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

KOMPAS.com - Penelitian terhadap virus corona di seluruh dunia terus dilakukan untuk menghentikan pandemi.

Salah satunya penelitian di Inggris yang menguji kekebalan tubuh terhadap virus corona.

Dikutip CNN, Selasa (27/10/2020), sebuah penelitian menunjukkan kekebalan terhadap virus corona secara bertahap berkurang, setidaknya menurut satu ukuran.

Studi itu dipublikasikan pada Senin (26/10/2020) oleh Imperial College London (ICL) dan Ipsos MORI (sebuah perusahaan riset pasar).

Para peneliti yang mengirimkan tes tusuk jari atau finger-prick tests di rumah kepada lebih dari 365.000 orang yang dipilih secara acak di Inggris menemukan penurunan lebih dari 26 persen pada antibodi Covid-19 hanya dalam tiga bulan.

"Kami mengamati penurunan yang signifikan dalam proporsi populasi dengan antibodi yang terdeteksi selama tiga putaran pengawasan nasional, menggunakan tes aliran lateral yang dilakukan sendiri, 12, 18 dan 24 minggu setelah puncak infeksi pertama di Inggris," tulis tim tersebut.

Baca juga: Uji Coba Vaksin Corona Oxford Diklaim Picu Kekebalan Kuat pada Orang Tua

Kekebalan menurun dalam 6 hingga 12 bulan

Temuan itu konsisten dengan bukti bahwa kekebalan terhadap virus corona musiman menurun selama 6 hingga 12 bulan setelah infeksi.

Data yang muncul pada SARS-CoV-2 juga mendeteksi penurunan dari waktu ke waktu dalam tingkat antibodi pada individu yang diikuti dalam penelitian longitudinal.

Dikutip Hindustan Times, Selasa (27/10/2020), studi mereka menemukan bahwa prevalensi antibodi turun dari 6 persen populasi sekitar akhir Juni menjadi hanya 4,4 persen pada September.

Itu meningkatkan prospek penurunan kekebalan populasi menjelang gelombang kedua infeksi yang telah memaksa penguncian dan pembatasan lokal dalam beberapa pekan terakhir.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X