Pendakian Gunung Gede Pangrango Telah Dibuka, Bagaimana Pendakian Gunung Lainnya?

Kompas.com - 23/10/2020, 16:30 WIB
Sejumlah wisatawan melintas jembatan gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Situgunung, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018). KOMPAS.com/BUDIYANTOSejumlah wisatawan melintas jembatan gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Situgunung, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018).

KOMPAS.com - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) telah membuka jalur pendakian pada Rabu (21/10/2020).

Meski telah dibuka, pihak TNGGP tetap mengharuskan pendaki maupun petugas untuk mengutamakan protokol kesehatan.

Salah satu protokol kesehatan yang diterapkan yakni pembatasan jumlah pendaki.

TNGGP mengatur kuota pendakian sebesar 25 persen dari kuota normal atau sekitar 300 orang per harinya.

Baca juga: Trending di Twitter, Berikut Sekilas tentang Gunung Lawu dan Empat Jalur Pendakiannya

Lantas, bagaimana dengan kebijakan pembukaan jalur pendakian di gunung-gunung lainnya?

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) Nandang Prihadi mengatakan, tanggal pembukaan jalur pendakian gunung-gunung di Indonesia dapat dilihat di akun media sosial Taman Nasional (TN) atau Taman Wisata Alam (TWA).

Sebab, hal ini juga disesuaikan dengan kondisi masing-masing TN/TWA/Suaka Margasatwa (SM).

Nandang mengatakan, ada dua kategori gunung yang masuk atau tidak masuk dalam wewenang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK).

"Gunung yang dikelola oleh Taman Nasional (TN) dan Taman Wisata Alam (TWA) menjadi wewenang KLHK, kalau gunung yang tidak masuk TN atau TWA tidak menjadi wewenang KLHK," ujar Nandang saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Daftar 29 Kawasan Konservasi yang Dibuka Kembali di Masa New Normal, dari Kepulauan Komodo hingga Gunung Rinjani

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X