Cek, Perjalanan Kereta Api Ini Tidak Mewajibkan Rapid Test, Apa Saja?

Kompas.com - 20/10/2020, 06:45 WIB
PT KAI Daerah Operasional 9 Jember kembai mengoperasikan kereta api Mutiara Timur  pada tanggal tertentu Kompas.com/istimewaPT KAI Daerah Operasional 9 Jember kembai mengoperasikan kereta api Mutiara Timur pada tanggal tertentu

 

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih tetap mengoperasikan sejumlah perjalanan kereta selama pandemi Covid-19. 

Agar memastikan penumpang aman dari penularan virus corona, PT KAI menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Seperti misalnya mengurangi kapasitas maksimal gerbong menjadi setengahnya, mewajibkan penumpang dan petugas mememakai masker, dan menjaga jarak selama di stasiun maupun gerbong.

Selain itu, untuk kereta jarak jauh, penumpang diwajibkan menyerahkan surat hasil tes cepat Covid-19, untuk memastikan kondisi penumpang dalam keadaan sehat.

Baca juga: Terobos Palang Pintu Kereta Api Bisa Didenda Rp 750.000, Ini Aturannya

Syarat perjalanan

Namun, ada juga perjalanan kereta yang tidak mewajibkan penumpang menyertakan surat tes Covid-19. Terutama untuk kereta jarak pendek. 

Sejumlah pertanyaan juga masih banyak dilontarkan melalui Twitter ke akun KAI @KAI121 untuk memastikan syarat perjalanan kereta tersebut. Seperti misalnya yang diungkapkan akun @mustikologi.

"Min mau tanya, kalo saya naik Joglosemarkerto, Jogja-Purwokerto apakah perlu rapid test? Mohon infone," tulisnya dengan menandai akun @KAI121.

Pertanyaan sejenis juga banyak disampaikan, dan satu per satu dijawab oleh akun Twitter tersebut.

Baca juga: Khusus Hari Ini, 8 Kereta Jarak Jauh dari Gambir akan Singgah di Stasiun Jatinegara

PT KAI menjelaskan, ada 4 perjalanan kereta api yang penumpangnya tidak diwajibkan melakukan tes cepat. Berikut di antaranya:

  1. KA Joglosemarkerto (Solo Balapan-Yogyakarta-Purwokerto-Tegal-Semarang Tawang PP),
  2. KA Kamandaka (Purwokerto-Semarang Tawang PP),
  3. KA Kaliagung (Semarang Poncol-Tegal PP, Semarang Poncol-Brebes PP, Semarang Poncol-Cirebon Prujakan PP),
  4. KA Kuala Stabas (Tanjungkarang-Baturaja PP).

Hal itu sebagaimana disampaikan VP Public Relation PT KAI, Joni Martinus.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X