Mengapa Covid-19 Lebih Banyak Membunuh Pria daripada Wanita? Ini Penjelasannya...

Kompas.com - 18/10/2020, 16:45 WIB
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien Covid-19

KOMPAS.com - Di awal terjadinya wabah virus corona, data dari rumah sakit di China mengungkapkan bahwa penyakit Covid-19 lebih banyak membunuh pria dibandingkan wanita.

Ternyata tak hanya di China, kasus tersebut juga ditemukan di negara lainnya seperti Korea Selatan, Italia, dan Amerika Serikat.

Melansir The Washington Post, (17/10/2020), menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, pada pertengahan Oktober, virus corona telah membunuh lebih banyak pria daripada wanita di negara tersebut.

Untuk setiap 10 wanita yang diklaim dengan penyakit Covid-19 di AS, sebanyak 12 pria telah meninggal.

Perbedaan tersebut menjadi salah satu dari banyak aspek yang mengkhawatirkan dari virus corona jenis baru ini.

Baca juga: Mengapa Lebih Banyak Pria yang Meninggal karena Covid-19 daripada Wanita?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemungkinan penyebab

Kelompok peneliti yang mempelajari hubungan gender dengan penyakit akibat virus corona tak terkejut dan mempersiapkan berbagai hipotesis atas kejadian ini, salah satunya kemungkinan penyebab yang terkait dengan perilaku pria.

Pria lebih mungkin terpapar virus karena faktor sosial yang dapat menempatkannya lebih banyak kontak dengan orang yang terinfeksi. Sedangkan kemungkinan lainnya, paru-paru pria lebih rentan karena cenderung merokok.

Setelah berbulan-bulan wabah terjadi, pria menunjukkan tanggapan kekebalan yang relatif lebih lemah terhadap infeksi virus corona, yang dapat menyebabkan angka kematian bertambah.

"Jika Anda melihat data di seluruh dunia, jumlah pria yang terinfeksi sama banyaknya dengan wanita. Hanya keparahan penyakit yang lebih kuat pada sebagian besar populasi pada pria," ujar Franck Mauvais-Jarvis, seorang dokter Tulane University yang mempelajari perbedaan gender pada penyakit seperti diabetes.

Baca juga: Mengapa Laki-laki Lebih Mudah Terinfeksi Corona Dibanding Perempuan?

Respons imun pria

Selain itu, pada umumnya wanita memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat, berkat hormon seks dan kromosom yang dikemas dengan gen yang berhubungan dengan kekebalan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.