Kompas.com - 10/10/2020, 19:45 WIB
Beda Aerosol, Airborne, dan Droplet
KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoBeda Aerosol, Airborne, dan Droplet

KOMPAS.com - Virus corona penyebab Covid-19 masih terus menyebar dan belum banyak negara yang mampu mengendalikannya. 

Menurut para ahli, virus ini masuk dalam kategori yang mudah sekali dan cepat menular. Sejumlah media dapat menjadi perantara penularan virus yang muncul pertama di Wuhan, China akhir 2019 itu. 

Diketahui, ada istilah " aerosol", " airborne", dan " droplet" yang disebut-sebut sebagai media penyebaran virus yang telah menginfeksi 36,8 juta orang dan menewaskan lebih dari satu juta orang di dunia itu.

Melansir dari ABC, (2/10/2020), seorang profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center di Tennesse, William Schaffner mengungkapkan, masih ada perdebatan tentang transmisi udara dalam penyebaran Covid-19.

"Ilmu yang mendukung (transmisi udara) tidak sekuat yang kami inginkan. Kami membutuhkan panduan yang lebih jelas. Orang-orang di luar sana menginginkannya," ujar Schaffner.

Lantas, apa saja perbedaan aerosol, airborne, dan droplet ini?

Berikut ini penjelasan beda ketiganya sebagai media penularan virus corona

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Beda Aerosol, Airborne, dan Droplet


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X