Vaksin Covid-19 Disebutkan Akan Tersedia pada Akhir Tahun Ini, Benarkah?

Kompas.com - 07/10/2020, 16:50 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock) Ilustrasi vaksin Covid-19. (Do. Shutterstock)

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada kemungkinan vaksin Covid-19 akan tersedia pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, Selasa (6/10/2020), seperti dilansir dari Channel News Asia.

Tedros menyerukan solidaritas dan komitmen politik dari semua pemimpin negara untuk memastikan vaksin terbagi rata ketika tersedia.

"Kami butuh vaksin dan ada harapan akhir tahun ini sudah ada vaksin. Ada harapan," kata Tedros.

Baca juga: Saat WHO Peringatkan tentang Bahaya Nasionalisme Vaksin...

Sembilan vaksin eksperimental sedang dalam proses pembangunan fasilitas vaksin global Covax WHO yang bertujuan untuk mendistribusikan 2 miliar dosis pada akhir 2021.

Pertemuan dewan selama dua hari yang membahas tanggapan global terhadap pandemi, mendengar seruan dari negara-negara termasuk Jerman, Inggris dan Australia untuk reformasi guna memperkuat badan PBB tersebut.

Tiga panel independen yang meninjau kinerja WHO termasuk Peraturan Kesehatan Internasional 2005 yang menetapkan pedoman tentang pembatasan perdagangan dan perjalanan yang diberlakukan selama keadaan darurat kesehatan, memberikan pembaruan tentang pekerjaan mereka.

Baca juga: Sinovac Optimistis Vaksin Virus Corona Siap Awal 2021

Infeksi Covid-19

Dalam foto yang diambil pada Senin, 1 Juni 2020, Pastor Vasily Gelevan, mengenakan setelan biohazard dan sarung tangan untuk melindungi diri dari virus corona. Dia tampak berbicara kepada Lyudmila Polyak (86), yang diduga terinfeksi virus corona, di apartemennya di Moskwa , Rusia. Selain tugas rutinnya sebagai imam Ortodoks Rusia, Pastor Vasily mengunjungi orang-orang yang terinfeksi Covid-19 di rumah dan rumah sakit merekaAP/Alexander Zemlianichenko Dalam foto yang diambil pada Senin, 1 Juni 2020, Pastor Vasily Gelevan, mengenakan setelan biohazard dan sarung tangan untuk melindungi diri dari virus corona. Dia tampak berbicara kepada Lyudmila Polyak (86), yang diduga terinfeksi virus corona, di apartemennya di Moskwa , Rusia. Selain tugas rutinnya sebagai imam Ortodoks Rusia, Pastor Vasily mengunjungi orang-orang yang terinfeksi Covid-19 di rumah dan rumah sakit mereka

Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi, yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark dan mantan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, bertemu untuk pertama kalinya bulan lalu.

"Kami berharap mendapat pelajaran nyata yang bisa kami terapkan dan mencegah hal yang sama terjadi," kata Tedros.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X