Banyak Diminati, Berikut Keistimewaan hingga Sejarah Ikan Cupang di Indonesia

Kompas.com - 04/10/2020, 10:05 WIB
Foto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAFoto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat.

KOMPAS.com – Di tengah pandemi virus corona, ikan cupang justru banyak diminati.

Terbukti, beberapa artis dikabarkan tengah memelihara ikan cupang seperti Ashanti, Gishel dan Nadine Chandrawinata.

Mengutip Kompas.com, Rabu (30/10/2020) pebisnis ikan cupang Ainul Wafa Adnan yang membuka usahanya di Bogor, Jawa Barat menilai ikan cupang banyak diminati di masa pandemi ini sebagai sarana penghilang kejenuhan.

Ikan cupang sudah lama terkenalnya, tetapi saya rasa ikan cupang mulai tersohor semenjak PSBB. Karena orang banyak yang jenuh akibat berkerja dari rumah, sehingga mereka mencari kesenangan, salah satu caranya dengan memelihara ikan cupang,” kata dia.

Baca juga: Asal-usul Janda Bolong yang Tengah Jadi Buruan Banyak Orang

Lantas, sebetulnya apa keistimewaan ikan cupang?

Mengutip situs KKP, ikan cupang merupakan ikan air tawar yang memiliki nama latin Betta sp.

Ikan ini berasal dari keluarga Osphronemidae dan genus Osphronemus.

Habitat

Ikan cupang jenis halfmoon yang tersedia di sentra ikan hias cupang di  Jalan KS Tubun III Dalam, Palmerah, Jakarta Barat.Alfiyyatur Rohmah Ikan cupang jenis halfmoon yang tersedia di sentra ikan hias cupang di Jalan KS Tubun III Dalam, Palmerah, Jakarta Barat.

Habitat asal ikan cupang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Cupang asli wilayah Indonesia salah satunya adalah jenis Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Pada alam bebas, ikan cupang biasanya hidup berkelompok dengan habitat rawa-rawa, telaga, danau dan sungai dengan perairan arus tenang.

Mengutip Kompas.id, ikan cupang di alam liar memangsa jentik-jentik nyamuk, anak ikan atau cacing berukuran kecil.

Ikan memiliki bentuk dan karakter unik dengan sikap cenderung agresif ketika mempertahankan wilayahnya.

Baca juga: Tidak Memejamkan Mata, Bagaimana Cara Ikan Tidur?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X