Asal-usul Janda Bolong yang Tengah Jadi Buruan Banyak Orang

Kompas.com - 30/09/2020, 09:06 WIB
Penampakan akar Janda Bolong yang siap dikembangbiakkan. KOMPAS.COM/Dian Reinis KumampungPenampakan akar Janda Bolong yang siap dikembangbiakkan.

KOMPAS.com - Tanaman janda bolong atau Monstera adansonii tengah menjadi incaran masyarakat, terutama pehobi tanaman hias.

Saking ramainya, tanaman ini dapat dihargai mencapai Rp 95 juta hingga Rp 100 juta.

Janda bolong disebut memiliki pesona tersendiri dibandingkan tanaman hias lainnya.

Varietas baru dari janda bolong mendapatkan harga yang fantastis karena memiliki warna menarik yakni putih dan hijau dalam satu daun.

Baca juga: 3 Tanaman Hias yang Harganya Melonjak di Tengah Pandemi Covid-19, Apa Saja?

Lantas seperti apa asal usul tanaman janda bolong tersebut?

Peneliti Muda Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Ina Erlinawati mengatakan, tanaman janda bolong bukanlah asli dari Indonesia.

"Sebenarnya tanaman ini bukan asli Indonesia, tapi dari Amerika. Tetapi, memang mempunyai daya tarik tersendiri karena bentuk daunnya yang unik, ada lubang-lubang di tengah daunnya dan perawatannya juga relatif mudah," ujar Ina saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

Ia menjelaskan, tanaman dari famili Araceae ini awalnya tersebar luas di sebagian besar Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Baca juga: Di Balik Mahalnya Janda Bolong, Apa yang Terjadi?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X