Studi Ini Ingatkan Jangan Konsumsi Alkohol Saat Hamil meski dalam Jumlah Rendah

Kompas.com - 26/09/2020, 18:45 WIB
ilustrasi hamil shutterstockilustrasi hamil

KOMPAS.com – Sebuah penelitian baru dari University of Sydney menemukan bahwa  konsumsi alkohol dalam jumlah rendah selama kehamilan bisa berdampak pada perkembangan otak anak.

Hal tersebut dikaitkan dengan masalah psikologis dan perilaku pada masa muda si anak nanti. Misalnya, timbulnya kecemasan dan depresi.

Mengutip Medical Express, sebuah penelitian yang dirilis American Journal of Psychiatry, dipimpin oleh University's Matilda Center for Research in Mental Health and Substance Use, para peneliti menyelidiki apakah konsumsi alkohol selama hamil berkaitan dengan psikologis, perilaku, saraf, dan kognitif pada anak-anak berusia 9-10 tahun.

Penelitian tersebut menggunakan sampel sebanyak 9.719 remaja dan merupakan studi terbesar yang menyelidiki dampak penggunaan alkohol tingkat rendah selama kehamilan. 

“Penelitian kami menemukan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah kecil saat hamil dapat berdampak signifikan pada perkembangan otak anak,” kata penulis utama Ms Briana Lees, Ph.D.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan alkohol yang sangat berat seperti dalam sebuah pesta minuman keras selama kehamilan dapat membahayakan bayi.

Baca juga: Hamil di Tengah Pandemi, Bagaimana Melindungi Diri dari Virus Corona?

Penelitian ini juga menyebutkan, alkohol dalam jumlah kecil yang dikonsumsi ibu hamil bahkan dapat dikaitkan dengan perubahan perilaku yang samar, tetapi signifikan. 

Penelitian ini dianggap sangat penting terutama untuk negara seperti Australia.

Di negara itu, sekitar 50 persen wanita mengonsumsi alkohol sebelum mereka mengetahui bahwa mereka hamil dan 25 persen tetap melakukannya meski sudah tahu bahwa mereka hamil.

Secara lengkap temuan studi tersebut yakni:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X