Trending "Panas", Kenapa Cuaca Hari Ini Lebih Panas? Berikut Penjelasan BMKG

Kompas.com - 19/09/2020, 20:26 WIB
Tangkapan layar peta kondisi hari tanpa hujan juga mengindikasikan udara yang kering dan panas. BMKGTangkapan layar peta kondisi hari tanpa hujan juga mengindikasikan udara yang kering dan panas.

KOMPAS.com - Sejumlah warganet bahwa cuaca di wilayahnya terasa lebih panas pada siang sampai sore hari pada Sabtu, (19/9/2020).

Adapun suhu atau temperatur yang dirasakan berkisar 32 sampai 38 derajat celsius.

"Tempat aku panas sampai segini, tempat kalian gimana? #panas," tulis akun Twitter @stickeru1605 dalam twitnya.

Ia juga mengunggah tanggapan layar dari ponselnya yang menunjukkan bahwa di daerah Tuban, Jawa Timur, pada pukul 14.59 WIB suhu di kisaran 38 derajat celsius.

Sementara itu, akun Twitter @wildanfawwaz_, juga mengunggah tangkapan layar yang menunjukkan Kota Serang, Banten pada pukul 14.22 WIB berada pada suhu 32 derajat celsius.

Kemudian, akun Twitter Acann mengunggah foto yang menujukkan wilayah Yogyakarta pada pukul 13.47 WIB berada pada suhu 36 derajat celsius.

Selain itu, topik " Panas" juga sempat menjadi trending populer di media sosial Twitter.

Sejauh ini, topik "panas" telah diunggah sebanyak lebih dari 32.200 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Suhu Dieng Minus 5 Derajat, Embun Es Muncul Lagi

Penjelasan BMKG

Kasubbid Analisis Informasi Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Adi Ripaldi mengungkapkan, cuaca panas yang terjadi hari ini karena bulan September masih dalam periode musim kemarau.

"Bulan September ini kan masih periode kemarau untuk wilayah Jawa-bali-Nusa Tenggara, di mana periode kemarau setiap harinya didominasi oleh cuaca cerah/panas," ujar Adi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X