[HOAKS] Tutorial Program Covid-19 Kuota Internet Gratis Berbagai Operator

Kompas.com - 19/09/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi hoaks ThinkstockIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial tersiar informasi mengenai tutorial program Covid-19 kuota gratis 20 GB dari semua operator telekomunikasi.

Informasi tersebut memuat tautan ke situs web tertentu yang meminta orang memasukkan nomor ponselnya ke aplikasi tertentu.

Operator telekomunikasi membantah informasi tersebut. Diduga, informasi itu mengarah ke tindakan phishing. Masyarakat diimbau berhati-hati.

Narasi yang Beredar

Sejumlah akun Facebook membagikan cara mendapat kuota internet gratis dari seluruh provider telekomunikasi di Indonesia. Salah satu akun yang membagikan informasi itu yakni Syariva Evah.

Dalam status yang diunggah pada Jumat (4/9/2020), dia mencantumkan tautan tutorial mendapatkan kuota gratis 20 GB dari program Covid-19.

Ketika dibuka, tautan itu mengarah ke akun Facebook Tutorial kuota gratis 20GB Dari Program Covid19. Di akun tersebut, terdapat status dengan isi tautan tutorial kuota gratis Covid019.

Halaman awal situs web dari tautan tersebut berjudul "Tutorial cara mendapatkan kuota gratis 20GB Dari Program Lawan Covid-19."

Di halaman situs terpampang artikel yang menyatakan provider telepon seluler di Indonesia memberi bantuan kuota Internet bagi jutaan pelanggan setia.

Untuk mendapat bantuan kuota internet, haruslah mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri via Gmail dan Facebook.

Setelah terdaftar, pelanggan diminta membaca berita untuk mendapatkan minimal 500 poin.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X