Vaksin Flu Biasa Kurang Efektif bagi Lansia, Ini Opsi Terbaiknya...

Kompas.com - 19/09/2020, 15:46 WIB
Ilustrasi pemberian vaksin atau vaksinasi. Ilustrasi pemberian vaksin atau vaksinasi.

KOMPAS.com - Hampir semua orang pernah mengalami flu. Untuk itu, sebagian orang memutuskan untuk memperoleh vaksin flu guna mencegahnya. 

Vaksin flu bekerja sangat baik pada orang yang berusia lebih muda. Akan tetapi, pada orang lanjut usia, dibutuhkan vaksin khusus untuk memperoleh perlindungan yang sama.

Mereka memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami komplikasi serius dari pneumonia yang mirip flu.

Melansir Insider, Jumat (18/9/2020), berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang vaksin yang bekerja paling baik untuk melindungi lansia dari flu.

Baca juga: China Larang Produk Laut dari Eksportir Indonesia Setelah Ditemukan Virus Corona

Vaksin flu yang dibutuhkan

Vaksin flu standar tentu membantu orang-orang berusia di atas 65 tahun karena dapat menurunkan risiko infeksi lebih serius nantinya.

Oleh karena itu, memperoleh vaksin flu biasa lebih baik daripada tidak sama sekali.

Namun, menurut Profesor Imunologi di University of Connecticut Center on Aging, Laura Haynes, suntikan itu kemungkinan tidak cukup efektif bagi lansia.

Pasalnya, vaksin flu membawa antigen dalam bentuk virus influenza dalam dosis tidak aktif dan kecil.

Antigen-antigen ini masuk ke aliran darah dan memicu respons kekebalan yang meningkatkan produksi sel-sel penangkal penyakit atau antibodi yang dirancang khusus untuk melawan flu.

Akan tetapi, dengan bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuatnya lebih sulit memproduksi antibodi yang cukup untuk melawan infeksi secara efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X