Bagaimana Cara Membuat Kucing dan Anjing Berteman?

Kompas.com - 19/09/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Seringkali binatang peliharaan yang berbeda jenis saling bertengkar satu sama lain. Salah satu contoh yang paling lekat adalah antara anjing dan kucing.

Namun, tahukah Anda bahwa keduanya tetap dapat berkawan dengan mengaplikasikan teknik tertentu?

Menurut para ahli, dengan beberapa teknik latihan, bantuan, kasih sayang, dan kesabaran, keduanya dapat memiliki hubungan yang dekat. 

" Anjing dan kucing kemungkinan tidak saling menyukai sama lain dengan berbagai alasan sebagaimana satu orang tidak menyukai orang lainnya," kata pelatih anjing profesional bersertifikasi, Russell Hartstein sebagaimana dikutip Bustle, (3/7/2019).

Untungnya, Anda tidak perlu mengetahui alasan mereka tidak menyukai satu sama lain untuk mendamaikan keduanya.

Baca juga: Tertinggal karena Pandemi, Seekor Anjing Harus Menempuh Ribuan Kilometer untuk Bertemu dengan Pemiliknya

Berikut adalah sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk membuat anjing dan kucing berteman:

1. Melatih mereka secara individu dan bersama

Menurut Hartstein, Anda dapat membantu anjing dan kucing untuk memiliki ikatan dengan melatih mereka secara individu kemudian bersama-sama. 

Langkah ini penting agar kucing dan anjing dapat saling menunjukkan kemampuan dan berkomunikasi dengan pemilik secara individu, dan juga dengan lingkungan yang lebih luas, yaitu dengan anggota keluarga atau binatang peliharaan lain.

Dengan mempraktikan latihan secara individu dan kemudian bersama-sama, Anda akan mengajarkan binatang peliharaan tentang kesabaran.

2. Menggunakan metode positif

Mungkin sebagian dari Anda berpikir untuk menggunakan teknik hukuman jika anjing atau kucing bertindak agresif satu sama lain.

Namun, sebaiknya memberikan penghargaan kepada binatang peliharaan saat mereka tenang dan baik satu sama lain.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X