Rekor Baru Covid-19, Berikut 41 Kabupaten/Kota Zona Merah di Indonesia, Bali Masih Memimpin

Kompas.com - 17/09/2020, 06:31 WIB
Penyemprotan disinfektan di wilayah zona merah Covid-19 Tambora, Jakarta Barat, Kamis (11/6/2020). ANTARA/HO-Polres Metro Jakarta BaratPenyemprotan disinfektan di wilayah zona merah Covid-19 Tambora, Jakarta Barat, Kamis (11/6/2020).

KOMPAS.com - Indonesia kembali mencatatkan rekor penambahan kasus harian pasien positif virus corona.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 hingga Rabu (16/9/2020), ada penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 3.963 orang dalam 24 jam terakhir.

Angka penambahan kasus harian tersebut merupakan yang tertinggi sejak kasus perdana Covid-19 diumumkan Presiden Jokowi pada 2 Maret silam.

Baca juga: Update Vaksin Covid-19 di Seluruh Dunia, dari Rusia hingga Inggris

Sementara jumlah zona merah di Indonesia saat ini adalah 41 kabupaten/kota. Hal itu disampaikan Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring di Istana Kepresidenan Jakarta, sebagaimana diberitakan Antara, Selasa (15/9/2020).

Wiku mengungkapkan, per 6 September jumlah zona merah di Indonesia masih 70 daerah. Namun data per 13 September menjadi 41 daerah.

Dia mengungkapkan, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat pada awal pekan terjadi penurunan risiko penularan Covid-19 di 34 kabupaten/kota yang sebelumnya adalah zona merah, kini berubah menjadi zona oranye (risiko penularan sedang).

Baca juga: 3 Saran Epidemiolog untuk Menekan Penyebaran Virus Corona di Indonesia, Apa Saja?

Meningkatnya zona oranye juga menunjukkan adanya indikasi terjadi peningkatan risiko dari wilayah yang sebelumnya hijau.

"Zona oranye mohon betul-betul untuk memperhatikan agar pengendalian kasusnya diperhatikan, dan protokol kesehatan dijalankan agar zonanya menjadi zona ringan dan tidak ada kasus baru lagi," katanya.

Adapun zona oranye saat ini jumlahnya mencapai 293 (57 persen) kabupaten/kota.

Baca juga: Lansia, Covid-19, dan Vaksin Flu di Tengah Pandemi...

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X