Bagaimana Mencegah Balita Tertular Corona? Simak Saran dari IDAI Ini

Kompas.com - 30/08/2020, 15:27 WIB
Ilustrasi pasien anak yang dirawat dengan infeksi virus corona. Gejala Covid-19 pada anak-anak sebagian besar lebih ringan. SHUTTERSTOCK/sumroeng chinnapanIlustrasi pasien anak yang dirawat dengan infeksi virus corona. Gejala Covid-19 pada anak-anak sebagian besar lebih ringan.

KOMPAS.com- Seorang balita perempuan berusia 15 bulan di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur dinyatakan positif Covid-19 setelah sebelumnya menjalani tes swab, Selasa (11/8/2020).

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri menyampaikan bahwa kasus balita yang terkonfirmasi positif Covid-19 diduga tertular dari keluarganya yang tinggal serumah.

Setelah dinyatakan positif, balita tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah lantaran tidak ada gejala seperti panas, batuk, demam, dan sesak napas.

Dikutip dari Kompas.com (29/8/2020), sejauh ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota madiun mencapai 74 orang.

Baca juga: Diduga Tertular dari Keluarga, Bayi 15 Bulan di Madiun Positif Covid-19

 

Terdiri dari 44 orang sembuh, 13 orang menjalani perawatan, 15 pasien mengalami isolasi mandiri, dan 2 orang dinyatakan meninggal dunia.

Sebelumnya, seorang bayi yang masih berusia 40 hari asal Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, meninggal dunia lantaran terinfeksi Covid-19.

Berdasarkan hasil tracing Satgas Covid-19, bayi tersebut tertular dari warga yang datang menjenguk ke rumah orangtua bayi.

Saat itu disebutkan, bayi tersebut sempat digendong oleh orang-orang yang datang menjeguk.

Bagaimana mencegah balita terpapar Covid-19?

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Bhakti Pulungan menyampaikan, untuk mencegah penularan virus, sebaiknya anak tidak direkomendasikan untuk keluar rumah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X