Simak, Rekomendasi IDAI soal Screen Time Anak Selama Belajar di Rumah

Kompas.com - 05/08/2020, 19:46 WIB
Ilustrasi Belajar dari Rumah
DOK. TANOTO FOUNDATIONIlustrasi Belajar dari Rumah

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat sejumlah kegiatan harus dilakukan penyesuaian. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan yang biasanya dilakukan di sekolah, sejak pandemi virus corona terjadi, kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing.

Metode pembelajaran ini dikenal dengan sistem pembelajaran jarak jauh ( PJJ).

PJJ pun dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi seperti ponsel atau gawai yang membuat anak harus menghabiskan banyak waktu di depan layar.

Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI) pun merekomendasikan sejumlah hal terkait PJJ yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. 

"Pada masa pandemi seperti saat ini, dimana anak lebih banyak harus tinggal di dalam rumah dan juga belajar/sekolah dari rumah (SFH), durasi waktu  screen time berisiko akan mengalami peningkatan," tulis IDAI dalam keterangan resminya.

Untuk itu, perlu perhatian khusus untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik, screen time, dan masa tidur yang merupakan kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang anak optimal.

Screen time adalah waktu yang dihabiskan seseorang, dalam hal ini peserta didik di depan layar komputer maupun gadget.

Disebutkan, screen time yang terlalu lama dapat membuat anak menjadi malas bergerak, mengalami obesitas dan berbagai penyakit tidak menular.

Belum lagi risiko yang berkaitan dengan kesehatan mata dan perkembangan sosial emosionalnya.

Baca juga: Berikut 4 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Saat Terjebak di Rumah

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X