Mengapa Kasus Corona di Filipina Melonjak Drastis? Berikut Datanya...

Kompas.com - 05/08/2020, 18:35 WIB
Tangkapan layar kasus virus corona Filipina yang terus melonjak screenshootTangkapan layar kasus virus corona Filipina yang terus melonjak

KOMPAS.com - Ibu kota Filipina, Manila dan provinsi-provinsi di sekitarnya kembali berada dalam penguncian ( lockdown) yang ketat selama dua minggu.

Langkah ini diambil untuk menahan kasus yang meningkat sejak pembatasan dilonggarkan pada Juni lalu.

Berdasarkan data dari Worldometer, Rabu (5/8/2020) hari ini Filipina mencatat tambahan 3.462 kasus baru. Penambahan kasus baru juga diikuti dengan tambahan sembilan korban meninggal.

Sampai saat ini, total kasus positif Covid-19 di Filipina telah mencapai 115.980 kasus, dengan korban meninggal dunia mencapai 2.123 orang.

Sebelumnya, pada Selasa (4/8/2020) negara itu mencatatkan lonjakan kasus harian tertinggi yang pernah terjadi di Asia Tenggara, yakni sebesar 6.352 kasus.

Lonjakan kasus itu dilaporkan hanya berselang dua hari sejak pemerintah Filipina mengumumkan pemberlakuan "Karantina Masyarakat yang Dimodifikasi" pada Minggu (2/8/2020) malam.

Kebijakan tersebut diberlakukan di Metro Manila dan provinsi-provinsi di sekitarnya seperti Laguna, Cavite, Rizal, dan Bulacan. Status karantina ini akan diberlakukan hingga 18 Agustus mendatang.

Baca juga: 6.352 Kasus Baru Corona di Filipina, Peningkaan Harian Tertinggi di ASEAN

887 klaster kasus

Melansir The Guardian, Sabtu (1/8/2020) Filipina memberlakukan salah satu penguncian terpanjang dan paling ketat di wilayah Asia Tenggara.

Namun, para dokter mengatakan deteksi, isolasi, dan pelacakan kontak yang buruk telah gagal membendung penyebaran penyakit ini.

Sejak penguncian dilonggarkan, dilaporkan terjadi kemunculan wabah di lokasi konstruksi dan pabrik industri.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X