Pandemi Virus Corona Membuat 7 Negara Ini Alami Resesi

Kompas.com - 02/08/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi resesi shutterstockIlustrasi resesi

KOMPAS.com - Ancaman virus corona tak hanya berhenti pada kesehatan manusia, tetapi juga 'menginfeksi' ekonomi global.

Hampir semua negara melaporkan penurunan ekonomi akibat virus yang bermula di Kota Wuhan, Hubei, China itu.

Dalam situasi terburuk, kondisi itu bisa menuju pada resesi.

Indikatornya adalah penurunan pada Produk Domestik Bruto (PDB), merosotnya pendapatan riil, jumlah lapangan kerja, penjualan ritel, dan terpuruknya industri manufaktur.

Baca juga: Apa itu Resesi Ekonomi?

Berikut ini 6 negara yang mengalami resesi dampak dari pandemi virus corona Covid-19:

Korea Selatan

Pada kuartal II tahun ini, Korea Selatan terperosok ke dalam jurang resesi akibat merosotnya ekspor sebagai dampak dari pandemi virus corona.

Negara dengan perekonomian terbesar keempat Asia itu mengalami penyusutan ekonomi sebesar 3,3 persen pada kuartal II pada Juni, dilansir dari Reuters, 23 Juli 2020.

Dengan kondisi itu, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan Korea Selatan akan merosot 2,9 persen, menjadi yang terburuk sejak 1998.

Kondisi itu disebabkan oleh penurunan ekspor hingga 16,6 persen ada kuartal IV. Padahal, ekspor Korea Selatan berkontribusi terhadap hampir 40 persen dari total ekonomi negara.

Baca juga: Arti Resesi, Apakah Akan Terjadi di Indonesia?

Singapura

Bulan Juli 2020 merupakan periode tersulit bagi Singapura. Sebab, Negeri "Singa" itu mengalami resesi terburuknya sejak merdeka pada 1965.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X