Virus Corona di Asia: Kasus Pertama Covid-19 di Korea Utara

Kompas.com - 27/07/2020, 09:30 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

KOMPAS.com - Kemunculan kembali kasus infeksi di sejumlah negara Asia menjadi epilog dari kisah virus corona pada pekan ini.

Korea Utara, negara yang selama ini masuk daftar negara dengan nol kasus virus corona, kini telah mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 di negara itu

Korea Utara

Di Korea Utara, kasus Covid-19 pertama dilaporkan pada Minggu (26/7/2020).

Kasus Covid-19 pertama ini diduga berkaitan dengan seorang pembelot yang kembali ke negara komunis itu pada pekan lalu secara ilegal.

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mengadakan rapat darurat bersama politbiro pada Sabtu (25/7/2020), ketika ada dugaan kasus virus corona muncul di Korut.KCNA via REUTERS Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mengadakan rapat darurat bersama politbiro pada Sabtu (25/7/2020), ketika ada dugaan kasus virus corona muncul di Korut.
"Sebuah peristiwa darurat terjadi di Kota Kaesong, di mana seorang pembelot yang pergi ke Korea Selatan tiga tahun lalu, seseorang yang diduga telah terinfeksi virus ganas ,kembali pada 19 Juli 2020 setelah melewati garis demarkasi secara ilegal," demikian Kantor Berita Negara KCNA, dikutip dari BBC, Minggu (26/7/2020).

Pemimpin Korut Kim Jong-un kemudian mengadakan pertemuan darurat dengan para pejabat tinggi dan meminta penutupan kota itu.

Kim pun memerintahkan "sistem darurat maksimum" untuk menahan penyebaran virus corona.

Sementara, penyelidikan tentang bagaimana orang itu bisa melintasi perbatasan juga tengah dilakukan.

Baca juga: Kim Jong Un Terapkan Lockdown Pertama di Korea Utara

Korea Selatan

Setelah dianggap sukses mengendalikan virus corona di negaranya, Korea Selatan melaporkan 113 kasus infeksi baru pada Sabtu (25/7/2020).

Lonjakan ini merupakan yang terbesar sejak 31 Maret 2020 atau hampir empat bulan.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X