Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Virus Corona di Asia: Kasus Pertama Covid-19 di Korea Utara

KOMPAS.com - Kemunculan kembali kasus infeksi di sejumlah negara Asia menjadi epilog dari kisah virus corona pada pekan ini.

Korea Utara, negara yang selama ini masuk daftar negara dengan nol kasus virus corona, kini telah mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 di negara itu

Korea Utara

Di Korea Utara, kasus Covid-19 pertama dilaporkan pada Minggu (26/7/2020).

Kasus Covid-19 pertama ini diduga berkaitan dengan seorang pembelot yang kembali ke negara komunis itu pada pekan lalu secara ilegal.

Pemimpin Korut Kim Jong-un kemudian mengadakan pertemuan darurat dengan para pejabat tinggi dan meminta penutupan kota itu.

Kim pun memerintahkan "sistem darurat maksimum" untuk menahan penyebaran virus corona.

Sementara, penyelidikan tentang bagaimana orang itu bisa melintasi perbatasan juga tengah dilakukan.

Korea Selatan

Setelah dianggap sukses mengendalikan virus corona di negaranya, Korea Selatan melaporkan 113 kasus infeksi baru pada Sabtu (25/7/2020).

Lonjakan ini merupakan yang terbesar sejak 31 Maret 2020 atau hampir empat bulan.

Para pejabat telah memperingatkan potensi kasus dapat berlanjut, seiring kedatangan warga Korea Selatan yang pulang dari luar negeri.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), lebih dari tiga perempat infeksi terbaru merupakan kasus impor.

"Setiap hari, kami merasakan krisis bahwa pandemi Covid-19 mungkin belum memuncak," kata Wakil Direktur KCDC Kwon Jun-wook, dilansir dari Reuters, Sabtu (25/7/2020).

Dengan tambahan itu, Korea Selatan telah melaporkan total 14.092 kasus dengan 298 kematian.

Vietnam

Pasien 416 itu adalah seorang pria pensiunan berusia 57 tahun dari Kota Danang, seperti dikutip dari AFP, Sabtu.

Pejabat kesehatan setempat telah menguji 105 orang yang telah melakukan kontak dekat dengannya.

"Pasien saat ini dirawat dengan ventilator karena mengalami gagal penafasan. Dia tidak pergi keluar kota dan hanya tinggal di rumah untuk menjaga cucunya dan berinteraksi dengan tetangga. Dia taj melakukan kontak dengan orang asing," kata pejabat itu.

Kota Danang telah dipadati wisatawan lokal yang kembali ke pantai dan restorannya sejak Vietnam melonggarkan penguncian.

Sebelum menunjukkan gejala, pasien tersebut sempat mengantarkan ibunya ke rumah sakit. Namun, belum ada konfirmasi lebih lanjut bagaimana dia terinfeksi.

Hong Kong

Sementara itu, Hong Kong kini menghadapi gelombang ketiga infeksi virus corona.

Dikutip dari SCMP, Selasa (21/7/2020), gelombang ketiga ini muncul lebih sejak awal bulan ini ketika seorang koki di sebuah restoran lokal dilaporkan terinfeksi Covid-19.

Hasil temuan lanjutan menunjukkan bahwa 3 dari 10 infeksi tersebut berasal dari pekerja laut atau awak pesawat, sedangkan 1 dari 4 kasus Covid-19 berasal dari pembantu rumah tangga.

Jumlah infeksi harian di Hong Kong mencapai rekor tertinggi pada Minggu (19/7/2020) dengan 100 kasus, melebihi puncak gelombang kedua yang terjadi pada Maret 2020.

Kapasitas rumah sakit umum kota juga telah mendekati titik darurat, dengan tingkat hunian tempat tidur dan bangsal isolasi masing-masing mencapai 71 dan 77 persen.

Sebanyak 1.450 unit berada di pusat karantina telah ditempati dan hanya menyisakan 196 unit.

Hingga saat ini, Hong Kong telah melaporkan 2.634 kasus infeksi dengan 18 kematian.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/27/093000665/virus-corona-di-asia-kasus-pertama-covid-19-di-korea-utara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke