Kasus Corona Seminggu: Klaster Covid-19 dari Jakarta hingga Jayapura

Kompas.com - 25/07/2020, 09:45 WIB
Ilustrasi corona virus (Covid-19) shutterstockIlustrasi corona virus (Covid-19)

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona penyebab Covid-19 di Indonesia masih terus terjadi. Dalam beberapa hari terakhir, kemunculan beberapa kasus dan klaster baru menjadi perhatian masyarakat.

Kemunculan klaster baru tidak hanya terjadi di daerah yang dinyatakan sebagai zona merah, namun juga wilayah yang sebelumnya tergolong "aman".

Tidak hanya itu, virus corona juga berpotensi menular ke semua kalangan. Tidak hanya tenaga kesehatan di garda depan saja yang berpotensi tertular, namun siapapun bisa terinfeksi virus ini.

Berikut rangkuman kasus-kasus Covid-19 yang perlu menjadi perhatian masyarakat dalam seminggu terakhir:

1. Wakil Wali Kota Solo positif Covid-19

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif terinfeksi virus corona setelah hasil pemeriksaan swab/PCR keluar pada Kamis (22/7/2020).

Hasil positif itu didapat setelah Purnomo menjalani pemeriksaan swab untuk kedua kalinya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Purnomo pertama kali diperiksa sampel lendir tenggorokannya pada Jumat (16/7/2020) sepulang dari Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo.

Setelah itu kembali dilakukan swab pada Sabtu (18/7/2020). Dari hasil swab tenggorokan yang kedua tersebut hasilnya dinyatakan positif.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo Ahyani mengatakan, saat ini Purnomo sedang menjalani isolasi mandiri. Penelusuran orang yang punya kontak erat dengan Wakil Wali Kota Solo itu juga akan dilakukan.

Baca juga: Fakta Wakil Wali Kota Solo Purnomo Positif Corona, Presiden Jokowi hingga Rudy Di-swab

2. Nakes di RSUD Wonogiri

Sebanyak 29 tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soediran Mangun Soemarso Wonogiri dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X