Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Corona Seminggu: Klaster Covid-19 dari Jakarta hingga Jayapura

Kompas.com - 25/07/2020, 09:45 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona penyebab Covid-19 di Indonesia masih terus terjadi. Dalam beberapa hari terakhir, kemunculan beberapa kasus dan klaster baru menjadi perhatian masyarakat.

Kemunculan klaster baru tidak hanya terjadi di daerah yang dinyatakan sebagai zona merah, namun juga wilayah yang sebelumnya tergolong "aman".

Tidak hanya itu, virus corona juga berpotensi menular ke semua kalangan. Tidak hanya tenaga kesehatan di garda depan saja yang berpotensi tertular, namun siapapun bisa terinfeksi virus ini.

Berikut rangkuman kasus-kasus Covid-19 yang perlu menjadi perhatian masyarakat dalam seminggu terakhir:

1. Wakil Wali Kota Solo positif Covid-19

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif terinfeksi virus corona setelah hasil pemeriksaan swab/PCR keluar pada Kamis (22/7/2020).

Hasil positif itu didapat setelah Purnomo menjalani pemeriksaan swab untuk kedua kalinya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Purnomo pertama kali diperiksa sampel lendir tenggorokannya pada Jumat (16/7/2020) sepulang dari Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo.

Setelah itu kembali dilakukan swab pada Sabtu (18/7/2020). Dari hasil swab tenggorokan yang kedua tersebut hasilnya dinyatakan positif.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo Ahyani mengatakan, saat ini Purnomo sedang menjalani isolasi mandiri. Penelusuran orang yang punya kontak erat dengan Wakil Wali Kota Solo itu juga akan dilakukan.

Baca juga: Fakta Wakil Wali Kota Solo Purnomo Positif Corona, Presiden Jokowi hingga Rudy Di-swab

2. Nakes di RSUD Wonogiri

Sebanyak 29 tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soediran Mangun Soemarso Wonogiri dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Para tenaga kesehatan rumah sakit milik Pemkab Wonogiri itu diduga terpapar usai berkontak erat dengan pasien corona dari klaster Pondok Pesantren Sempon.

Terhadap fakta itu, Pemkab Wonogiri menerapkan opsi pengkarantinaan khusus tenaga kesehatan RSUD Wonogiri yang positif terpapar Covid-19 juga penelusuran kontak terhadap keluarga dari nakes yang terpapar.

Baca juga: 29 Tenaga Kesehatan RSUD Wonogiri Tertular Corona dari Klaster Pondok Sempon

3. Kelurahan Wijaya Kesuma, Jakarta Barat

Klaster baru Covid-19 muncul di Kelurahan Wijaya Kesuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Camat Grogol Petamburan Didit Sumaryata mengatakan bahwa dalam klaster baru tersebut terdapat 29 orang warganya yang terpapar Covid-19.

Didit mengatakan, hasil itu diketahui setelah aparat melakukan swab test massal pada Jumat (17/7/2020) lalu. Sebanyak 94 orang warga mengikuti swab test pada hari itu.

Lalu, pada Senin (20/7/2020) hasil pemeriksaan swab test keluar dan menunjukkan bahwa 29 orang warga dinyatakan positif Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com