Viral Foto Dokter Gigi Pakai APD Fashionable, Ini Ceritanya...

Kompas.com - 24/07/2020, 17:03 WIB
Dokter gigi yang viral di media sosial karena kenakan APD fashionable. Dok. Nina AgustinDokter gigi yang viral di media sosial karena kenakan APD fashionable.

KOMPAS.com - Foto seorang dokter gigi yang mengenakan alat pelindung diri (APD) fashionable viral di media sosial.

Setelah ditelusuri, diketahui dokter gigi tersebut bernama Nina Agustin, dan saat ini tengah menempuh pendidikan spesialis di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dalam kegiatan praktiknya, dokter yang sudah mempunyai enam cabang klinik di Malang Raya dan Pandaan ini mengenakan APD yang berbeda dari kebanyakan dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Nina memilih mengenakan APD yang didesainnya sendiri. APD pun disesuaikan dengan ukuran tubuhnya.

Ia menceritakan, pandemi corona virus yang saat ini terjadi memang membuat semuanya berubah, termasuk dalam pelayanan seorang dokter kepada pasien yang harus memastikan keamanan.

"Dokter gigi harus langsung berhubungan dengan pasien dalam jarak yang sangat dekat. Membutuhkan APD dengan tingkat keamanan tingkat tiga, yang menutupi secara menyeluruh dari kepala hingga kaki," kata Nina saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/7/2020).

Baca juga: Viral Unggahan Penambahan Gula Pasir pada Sampo Bikin Kulit Kepala Bersih dan Sehat, Benarkah?

Nina mengatakan, sebelum mengenakan APD fashionable ini, ia mengenakan hazmat yang dijual di pasaran.

Namun, Nina mengalami sejumlah kendala saat harus melayani pasien.

"Awal pandemi dulu, saya pada saat praktik menggunakan hazmat yang besar, karena ukuran yang sangat besar itu ketika saya praktik suka nyangkut ke alat. Dengan ukuran yang besar juga enggak nyaman saat praktik," ujar dia.

Selain itu, ia juga berharap untuk menghapus rasa takut yang muncul di benak pasien dan ingin menimbulkan rasa nyaman.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X