Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Aiman Witjaksono
Jurnalis

Jurnalis

Eksklusif, Jejak Buron Djoko Tjandra di Jakarta, Pontianak, dan Malaysia

Kompas.com - 20/07/2020, 06:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

RENTETAN cerita baru terkait kasus Djoko Tjandra terus berlanjut. Mabes Polri mencopot tiga orang jenderalnya terkait surat jalan dan terhapusnya red notice buronan kasus hak tagih Bank Bali tersebut.

Beredar juga video Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan hingga Ketua Mahkamah Agung bersama dengan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking.

Ada apakah ini? Kenapa tiba-tiba informasi terkait Djoko Tjandra mengalir deras? Adakah sesuatu di baliknya?

Di era post-truth, informasi yang terlalu banyak bisa mengacaukan persepsi publik. Perlahan publik akan acuh. Tidak tertarik lagi dengan isunya.

Sementara dari sisi hukum, semakin banyak informasi yang muncul maka semakin banyak bukti yang bisa dikumpulkan untuk kepentingan persidangan.

Informasi yang banyak sesungguhnya menguntungkan. Media harus mampu memainkan perannya sebagai tempat penjernih informasi (clearing house), memilah-milahnya dan mencari benang merah yang mengarah pada pengungkapan fakta di balik sebuah kasus besar.

AIMAN yang tayang di Kompas TV setiap Senin malam pukul 20.00 mencoba memainkan peran ini. Ada informasi kecil yang sangat berharga. Eksklusif hanya di AIMAN malam ini.

Apa itu?

Informasi itu saya dapatkan bermula dari sebuah pertanyaan: bagaimana Djoko Tjandra bisa masuk ke Indonesia tanpa terdeteksi, mengurus paspor, membuat KTP, mendaftarkan permohonan Peninjauan Kembali, dan kembali melenggang keluar Indonesia dengan aman sentausa?

Apakah ada kaitan antara surat jalan Djoko ke Pontianak, Kalimantan Barat, dan lepasnya status buron yang berujung pada pencopotan tiga jenderal polisi?

Pontianak

Ada dua informasi penting yang saya dapatkan.

Pertama, saya mendapatkan foto Djoko Tjandra bersama seorang perempuan yang diduga istrinya dan seorang lelaki berusia sekitar awal 50 tahun. Foto ekslusif ini akan saya perlihatkan dalam program AIMAN malam ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com