Mengenal Triggerfish, Ikan dengan Gigi Mirip Manusia

Kompas.com - 20/07/2020, 06:06 WIB
Foto tampak dekat dari seekor ikan tiggerfish yang mati Shutterstock/Fabien MonteilFoto tampak dekat dari seekor ikan tiggerfish yang mati

KOMPAS.com - Sebuah foto ikan yang terlihat memiliki bibir dan gigi mirip manusia ramai diperbincangkan di media sosial Twitter baru-baru ini.

Salah satunya diunggah oleh akun @raff_nasir dalam Twitternya.

Hingga Minggu (19/7/2020), unggahan ini telah disukai oleh belasan ribu akun dan dibagikan ulang ribuan kali.

Baca juga: Mengapa Perairan Indonesia Jadi Favorit Kapal Asing Pencuri Ikan?

Baca juga: Selain Udang Asal Sulawesi, Ini 5 Hewan di Indonesia yang Terancam Punah

Orang-orang pun mempertanyakan keaslian unggahan foto tersebut.

Beberapa orang mengatakan bahwa foto tersebut merupakan jenis ikan  triggerfishtermasuk seorang ahli biologi kelautan, Lutfi Afiq Rosli dan Direktur Senior Operasi Hewan dan Habitat di Shedd Aquarium Chicago, Mark Schick.

"Setelah melihat garis merah dari mulutnya hingga ke sirip dada dan belang hitam di perutnya, saya menduga bahwa itu adalah blackbelly triggerfish," kata Lutfi sebagaimana dikutip Insider18 Juli 2020.

Namun, Lutfi tidak memercayai keaslian foto tersebut 100 persen.

"Foto giginya tampak direkayasa. Triggerfish kebanyakan tidak memiliki gigi seperti itu. Biasanya, mereka memiliki dua gigi taring di bagian atas dan satu lagi di bagian bawah," ungkapnya.

Lutfi juga menyebut bahwa foto blackbelly triggerfish masih sangat langka.

Baca juga: Viral Video Budikdamber, Pelihara Ikan dan Tanam Sayur di Ember, Ini Cerita Penemunya

Lantas, seperti apa sebenarnya jenis ikan triggerfish ini?

Potret dekat seekor Titan Triggerfish dengan para penyelam di belakagnyaShutterstock/Rich Carey Potret dekat seekor Titan Triggerfish dengan para penyelam di belakagnya

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X