3 Kesalahan dalam Pemakaian Hand Sanitizer yang Harus Dihindari

Kompas.com - 19/07/2020, 21:30 WIB
Ilustrasi hand sanitizer ShutterstockIlustrasi hand sanitizer

KOMPAS.com - Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah pencegahan penularan virus corona. Caranya, dengan rajin mencuci dan menjaga kebersihan tangan.

Virus dapat berpindah dari tangan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh bagian wajah.

Saat berada di luar rumah,  hand sanitizer menjadi salah satu barang yang wajib dibawa untuk mengantisipasi jika susah mencari sumber air dan sabun. 

 

Dilansir dari Huffpost, Rabu (15/7/2020), menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan berbasis alkohol merupakan metode praktis untuk menjaga kebersihan tangan saat berpergian.

Namun, ada 3 kesalahan umum yang harus dihindari saat menggunakan hand sanitizer agar efektif mencegah paparan virus corona.

Baca juga: Harga Masker dan Hand Sanitizer Kembali Normal, Apa Saja Faktor Penyebabnya?

Apa saja kesalahan yang kerap dilakukan?

Menggunakan hand sanitizer terlalu sedikit

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengungkapkan, gunakan hand sanitizer dengan takaran yang cukup sehingga bisa menutupi semua permukaan tangan untuk mencegah penularan virus.

Dr Zeke J. McKinney, dari Health Partners Riverway Clinic, Minnesota, mengatakan, kebanyakan orang tidak menggunakan hand sanitizer dengan jumlah yang cukup untuk membersihkan tangan.

Hal ini dinilainya merupakan kesalahan umum.

"Cara yang tepat untuk menggunakan hand sanitizer adalah dengan memastikannya menutupi kedua tangan Anda. Sering kali orang-orang tidak cukup membalurkan hand sanitizer pada telapak tangan mereka," ujar McKinney.

Menurut dia, menggunakan hand sanitizer dengan pemakaian yang banyak lebih baik.

Ada baiknya, ketika mengoleskan hand sanitizer pada tangan Anda, pastikan tidak ada celah yang tidak terkena pembersih tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, penggunaan hand sanitizer harus dilakukan selama 20-30 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X