Kompas.com - 11/07/2020, 16:08 WIB
Tangkapan layar video yang memperlihatkan mobil Wakil Presiden diisi bensin pakai jeriken dalam kunjungan kerja di Sukabumi pada Rabu (8/7/2020). Tangkapan layar video yang memperlihatkan mobil Wakil Presiden diisi bensin pakai jeriken dalam kunjungan kerja di Sukabumi pada Rabu (8/7/2020).
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berisi video yang memperlihatkan mobil VVIP berplat merah dengan kode Indonesia-2 tengah mengisi bahan bakar di pinggir jalan menggunakan jeriken beredar di media sosial, Sabtu (11/7/2020).

Diketahui, kejadian tersebut terjadi di daerah Bogor.

Dalam narasi bersama video yang beredar, disebut bahwa mobil VVIP yang merupakan mobil wakil presiden itu kehabisan BBM sehingga mengisi bensin menggunakan jeriken.

Saat dikonfirmasi, Sekretariat Wakil Presiden mengklarifikasi informasi yang beredar.

Mobil VVIP tersebut tidak mengalami kehabisan bahan bakar. Dalam setiap rangkaian perjalanan rombongan Wapres KH Ma'ruf Amin, selalu ada BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, salah satu pengguna Twitter @JaprakHaes2 mengunggah video singkat yang memperlihatkan mobil VVIP tengah berhenti di pinggir jalan diduga kehabisan bensin pada Sabtu (11/7/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Negara dagelan, ketika Mobil Indonesia - 2 kehabisan bahan bakar dan kejadiannya ini di daerah Bogor. Akhirnya dibantu dengan bensin, yg diisi lewat jirigen," tulis akun @JaprakHaes2 dalam twitnya.

Dalam video berdurasi 8 detik itu, juga terlihat sejumlah orang tengah berkerumun di dekat mobil.

Anggota polisi dan pasukan pengawal Wapres pun terlihat mengawal mobil yang berhenti di pinggir jalan tersebut.

Beberapa pengguna Twitter juga membagikan video yang sama, di antaranya @wawat_kurniawan.

Salah satu unggahan mengenai mobil VVIP yang berhenti dan mengisi BBM dengan jeriken, disebut karena kehabisan bensin. Setelah diklarifikasi, ternyata bukan karena kehabisan BBM, tetapi mengisi dengan BBM cadangan yang selalu dibawa.Twitter Salah satu unggahan mengenai mobil VVIP yang berhenti dan mengisi BBM dengan jeriken, disebut karena kehabisan bensin. Setelah diklarifikasi, ternyata bukan karena kehabisan BBM, tetapi mengisi dengan BBM cadangan yang selalu dibawa.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.