Bill Gates Salahkan Media Sosial atas Tingginya Kasus Covid-19 di AS

Kompas.com - 06/07/2020, 15:50 WIB
Pendiri Microsoft, Bill Gates reuters.comPendiri Microsoft, Bill Gates

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates menganggap media sosial turut berkontribusi pada penyebaran virus corona di Amerika Serikat.

Sebab menurut dia, media sosial menyebarkan "ide-ide gila" yang berakibat pada rendahnya kepatuhan warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

Berbicara pada Fast Company, Amerika Serikat, Gates mengatakan bahwa ide gila itu termasuk menolak untuk memakai masker, seperti yang tersebar secara online.

"Bisakah perusahaan media sosial lebih membantu dalam masalah ini?" kata Gates, dikutip dari Alarabiya English, Minggu (5/7/2020).

"Kreativitas apa yang kita miliki? Sayangnya, alat-alat digital mungkin telah menjadi kontributor untuk menyebarkan apa yang saya anggap sebagai ide gila," sambungnya.

Masker dan teori konspirasi

Menurut catatan Gates, bahwa kepatuhan warga AS untuk memakai masker lebih rendah dibandingkan negara lain.

Fakta itu bagi dia sulit dimengerti karena menggunakan masker tidak menyusahkan dan tidak mahal. Namun, beberapa orang justru merasa sikap itu adalah tanda kebebasan, meski memiliki risiko penularan.

Masker diketahui sebagai salah satu cara efektif dalam mencegah penularan Covid-19, virus yang jauh lebih menular daripada penyakit pernapasan lain.

Soal teori konspirasi yang menyasar dirinya, dia mengganggap hal itu mengkhawatirkan karena dapat mempengaruhi tingkat penggunaan vaksin dan menggagalkan upaya untuk menghentikan laju virus corona.

"Banyak yang datang dalam bentuk konspirasi, ketika seseorang memiliki plot dan nama saya bahkan berpotensi sebagai pusat konspirasi. Agak menakutkan, Anda ingin diarahkan pada fakta-fakta dalam krisis seperti ini," tutur dia.

Baca juga: Program Pengujian Virus Corona yang Didanai Bill Gates Dihentikan, Ini Alasannya

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X