Viral soal Unggahan Toilet, Mana yang Lebih Sehat Toilet Duduk atau Jongkok?

Kompas.com - 17/06/2020, 09:31 WIB
Tangkapan layar kondisi toilet duduk yang pecah karena diduga digunakan dengan jongkok. Twitter: @flutulangsTangkapan layar kondisi toilet duduk yang pecah karena diduga digunakan dengan jongkok.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan menampilkan kondisi toilet duduk yang pecah diduga karena digunakan dengan cara yang tidak dianjurkan beredar di media sosial Twitter pada Rabu (3/6/2020).

Pecahnya toilet tersebut diduga karena dipakai dengan cara jongkok oleh seseorang.

"Masih mau jongkok di wc duduk?" tulis akun Twitter bernama Sukirno, @flutulangs, sekaligus pihak pengunggah foto viral itu.

Baca juga: Viral, Foto Bumbu Indomie Goreng Ada 2 Macam, Ini Penjelasan Indofood

Baca juga: Alasan di Balik Video Viral Ibu di Cirebon yang Diduga Siksa Anaknya

Dalam foto itu juga terlihat ada noda yang diduga darah berceceran di lantai kamar mandi.

Sejauh ini, unggahan tersebut telah di-retweet sebanyak 10.000 kali dan telah disukai sebanyak 18.800 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lantas, lebih sehat mana penggunaan toilet duduk dengan jongkok?

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof DR dr Ari Fahrial Syam menjelaskan, orang menggunakan toilet dengan cara jongkok diduga untuk menghindari kontaminasi kuman yang menempel pada permukaan kloset.

Selain itu, dimungkinkan orang tersebut mengalami kesulitan ketika harus buang air besar (BAB) menggunakan toilet duduk.

"Kalau kita lihat dari faktor higienis, yang paling berisiko terkontaminasi adalah kloset duduk. Karena yang jadi masalah orang dapat tertular penyakit di situ," ujar Ari saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Cerita di Balik Viralnya Tulisan Berbahasa Indonesia di Toilet Jepang

Penggunaan tisu basah

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X