Nasib Pengemudi Ojol Saat Lebaran, Penghasilan Berkurang dan Telat Bayar Cicilan

Kompas.com - 25/05/2020, 11:39 WIB
Heru sopir ojek online masih bekerja seperti biasa, Sabtu (23/5/2020) Nur Fitriatus ShalihahHeru sopir ojek online masih bekerja seperti biasa, Sabtu (23/5/2020)

KOMPAS.com - Perayaan Hari Raya Idul Fitri identik dengan berkumpulnya semua anggota keluarga.

Tapi di tahun ini umat Islam harus bersabar karena merayakannya di tengah pandemi virus corona.

Ada orang-orang yang terpaksa tetap bekerja di perantauan, ada yang tak bisa pulang, dan banyak yang tak mudik karena takut menulari keluarga di kampung halaman. 

Salah satu pengemudi mobil berbasis aplikasi GoCar atau sopir mobil ojek online di Jakarta, Heru Aguanto Rozaki (31) memilih tak mudik.

"Takut saya membawa virus, karena saya tiap hari keluar rumah terus. Takut nularin keluarga dan tetangga di kampung, saya punya nenek kakek dah tua," ujarnya pada Kompas.com, Sabtu (23/5/2020).

Selain itu , harga tiket yang mahal juga menambah kesulitan Heru. Pengemudi ojol yang akrab disapa Heru itu merantau jauh-jauh dari Batam sejak 9 tahun terakhir.

Baca juga: Selama PSBB Palembang, Ojol Dilarang Angkut Penumpang

Penghasilan berkurang dan telat bayar cicilan

Pria kelahiran Sawang, Batam, itu mengaku harus sabar dengan kondisi saat ini. Heru hanya mengandalkan pendapatannya mengemudi ojol.

"Saya kan biasa ngetem di bandara, maen argo gede, sekarang argo gede juga jarang. Sekarang dapat Rp 400 ribu atau Rp 350 ribu itu kotor, belum dipotong bensin Rp 150 ribu," tutur dia.

Lanjutnya, saat ini pengeluaran untuk bensin jadi boros karena pesanan tak seramai biasanya.

Seperti saat mengantar penumpang dari Jakarta ke Depok. Misalnya, dari Depok belum tentu ada penumpang yang akan kembali ke Jakarta. Padahal rumah Heru di Jakarta.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X