Mengapa Orang China Suka Minum Air Panas? Ini Penjelasannya...

Kompas.com - 23/05/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi air panas, minuman SHUTTERSTOCK/SHOWCAKEIlustrasi air panas, minuman

KOMPAS.com - Bagi banyak orang luar, mencari hubungan antara orang China dengan air panas memang membingungkan. Hal ini juga menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak dicari tentang orang China di Google.

Kebiasaan tersebut ternyata dapat ditelusuri kembali ke kampanye kesehatan masyarakat yang mendorong mengonsumsi air panas karena alasan kesehatan dan kebersihan.

Melansir SCMP, hampir semua orang, baik muda, tua, pria dan wanita di China, banyak yang membawa bekal berupa botol air panas.

"Di Vancouver, tempat saya berasal, setiap kali ibu dan teman-temannya makan di restoran Barat, mereka suka memesan air panas dengan lemon," kata penulis senior SCMP di Hongkong, Bernice Chan.

Baca juga: Studi: Rutin Mandi Air Hangat, Turunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kampanye hidup sehat

Terdapat preferensi umum air panas di China. Sejak awal abad ke-20, telah ada kampanye kesehatan masyarakat yang mendorong konsumsi air hangat.

Pada tahun 1930-an, saat pemerintah nasionalis sedang mengkonsolidasikan kekuatannya di China, mereka meluncurkan gerakan sipil yang disebut Gerakan Kehidupan Baru.

Di antaranya penerapan gerakan tersebut yaitu mendorong orang untuk minum air hangat karena dianggap lebih bersih.

Bahkan, setelah kaum nasionalis kehilangan kekuasaan ke komunis, dukungan pemerintah terhadap kebiasaan minum air panas tetap ada.

Dari tahun 1952, pemerintah Komunis meluncurkan beberapa kampanye kesehatan masyarakat yang mendorong orang untuk minum air hangat, membentuk kebiasaan generasi.

"Di China, tidak setiap perusahaan memiliki ruang santai atau istirahat, tapi mereka akan memiliki ruang untuk dispenser air. Dan itu pasti akan memiliki air panas," kata Zhang Guowei, seorang profesor di Universitas Henan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X