Hari Buku Nasional, Ini Rekomendasi 5 Novel Karya Penulis Indonesia

Kompas.com - 17/05/2020, 18:27 WIB
Ilustrasi membaca buku KucherAVIlustrasi membaca buku

KOMPAS.com - Bung Hatta, Wakil Presiden pertama Indonesia dikenal sebagai sosok yang gemar membaca buku dan juga menulis.

Hatta menggunakan buku sebagai referensi bagi pemikiran-pemikirannya, khususnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas”, kata Bung Hatta.

Bertepatan dengan Hari Buku Nasional yang diperingati pada (17/5/2020) kegiatan membaca buku menjadi salah satu cara yang baik untuk mengisi waktu selama karantina mandiri di rumah saat wabah corona. 

Melansir Goodreads, berikut adalah novel-novel terbaik karya penulis Indonesia yang menarik untuk dibaca selama berada di rumah:

Baca juga: Hari Buku: Menolak Tamat Ketika Roda Penerbitan Terhalang Covid-19

1. Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer

Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer: Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.KOMPAS.com/ HERU MARGIANTO Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer: Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.

Tetralogi Buru terdiri dari empat novel, yaitu Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.

Karya ini ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer saat diasingkan oleh rezim Orde Baru di Pulau Buru selama 14 tahun sejak tahun 1965. 

Dia dituduh terlibat di Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) yang dituduh terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) oleh rezim Orde Baru.

Tetralogi Buru dibuka dengan novel Bumi Manusia dan Minke sebagai tokoh utamanya. Dalam novel ini Pram menceritakan pergolakan Minke sebagai seorang bumiputra keturunan priyayi Jawa di era kolonialisme Belanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Goodreads
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X