Populer Saat Bencana, Benarkah Lagu "Ibu Pertiwi" Menjiplak Lagu Luar?

Kompas.com - 17/05/2020, 14:00 WIB
Joseph Scriven belfast telegraphJoseph Scriven

KOMPAS.com - Pada setiap bencana atau seperti masa-masa pandemi virus corona seperti saat ini, lagu nasional " Ibu pertiwi" banyak dinyanyikan oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu yang populer adalah video lagu " Ibu Pertiwi" yang dinyanyikan oleh Shana Shannon yang sudah ditonton lebih dari 6 juta kali.

Lagu tersebut menggambarkan kondisi Tanah Air yang sedang dilanda bencana atau musibah. Hal itu dapat dilihat dari lirik-liriknya. Terdapat kata-kata "bersusah hati", "ibu sedang lara" dan "merintih dan berdoa".

Banyak dari masyarakat hafal lagu ini sebab biasanya dikenalkan sejak taman kanak-kanak. Namun mungkin tidak banyak yang tahu pencipta lagu ini.

Baca juga: Hari Kartini, Video Ibu Pertiwi Semangati Guru dan Siswa Belajar dari Rumah

Ismail Marzuki atau Kamsidi Samsudin?

Sejumlah orang menyebut lagu ini diciptakan oleh Ismail Marzuki. Namun ada juga sumber yang mengatakan lagu ini diciptakan komponis asal Solo Kamsidi Samsudin. Seperti ditulis dalam buku "Kumpulan Lagu Wajib Nasional, Tradisional, & Anak Populer".

"Ada sumber yang mengatakan pencipta lagu Ibu Pertiwi adalah komponis Kamsidi Samsuddin pada tahun 1908," disebutkan dalam buku yang ditulis Hani Widiatmoko dan Dicky Maulana di halaman 21 itu.

Sementara akun twitter @KatolikG pada 30 Oktober 2019 mencuit tentang lagu "Ibu pertiwi".

"Banyak orang mengira lagu "kulihat ibu pertiwi" adalah lagu nasional asli Indonesia. Padahal itu lagu jiplakan. Lagu aslinya adalah " What a friend we have in Jesus" lirik berupa puisi ditulis oleh Joseph M. Scriven th 1855," cuit dia yang dalam bio-nya mengaku tidak mewakili pandangan gereja katolik manapun.

Baca juga: Jubing dan Gitar Pagi Putih-nya

Direkam 1966

Tangkapan layar unggahan gitaris Jubing Kristiantoscreenshoot Tangkapan layar unggahan gitaris Jubing Kristianto

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X