Simak, Cara Menghitung dan Mengumpulkan Dana Pensiun

Kompas.com - 17/05/2020, 14:33 WIB
Ilustrasi menabung dana pensiun. ShutterstockIlustrasi menabung dana pensiun.

KOMPAS.com - Masa tua seperti apa yang Anda inginkan? Pertanyaan itu mungkin dapat menjadi dasar untuk menjawab kebutuhan akan dana pensiun.

Pada akhirnya, setiap pekerja akan memasuki sebuah masa yang disebut sebagai pensiun. Pensiun seringkali dibayangkan sebagai masa untuk beristirahat dan menikmati hari tua setelah puluhan tahun bekerja.

Namun, apakah menikmati hari tua dapat dilakukan tanpa adanya aset atau dana pensiun yang dikumpulkan sebelumnya?

Untuk dapat menikmati hari tua sesuai keinginan, penting untuk mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin.

Akan tetapi, berdasarkan survei HSBC on Retirement tahun 2019, hanya 30 persen masyarakat Indonesia yang telah siap untuk pensiun. Sementara, 70 persen lainnya belum siap. 

Baca juga: Ronaldo Bangun Rumah Mewah Senilai Ratusan Miliar untuk Ditempati Usai Pensiun

Menghitung dana pensiun

Mengutip Kompas.com, 26 Mei 2019, Perencana Keuangan Eko Indarto menyebut bahwa dalam memperhitungkan dana pensiun, perlu ditentukan terlebih dahulu waktu pensiun.

"Nggak ada jumlah pasti (besaran dana pensiun) tapi misalnya orang itu kalau pensiun di usia 55, terus usia harapan hidup orang Indonesia rata-rata 76 tahun, dia harus mempersiapkan dana untuk 21 tahun," kata Eko.

Jika gaya hidup orang tersebut membutuhkan Rp 5 juta per bulan, maka uang yang harus dikumpulkan untuk masa tua adalah sekitar Rp 60 juta per tahun dan Rp 1,8 M untuk 20 tahun, belum termasuk inflasi. 

Baca juga: Ini 6 Cara Dapatkan Keuntungan dari Dana Pensiun

Contoh lain dengan memperhitungkan inflasi sebesar 5 persen, jika seseorang membutuhkan Rp 25 juta untuk biaya hidup sebulan, maka dalam setahun diperlukan Rp 300 juta. 

Apabila nilai uang tersebut adalah saat Anda berusia 30 tahun, maka nilai uang 40 tahun kemudian atau saat Anda berusia 70 tahun dengan inflasi 5 persen menjadi Rp 42,2 miliar

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X