Kompas.com - 13/05/2020, 19:04 WIB

KOMPAS.com -Di masa pandemi Covid-19 ini, semua orang sebisa mungkin diminta untuk tetap tinggal di dalam rumah untuk memutus rantai penyebaran virus.

Kondisi ini ternyata membuat banyak perpisahan terjadi, baik pada pasangan yang telah menikah maupun yang masih berpacaran.

Ini memang waktu yang sulit bagi semua orang dan mungkin belum pernah dialami sebelumnya.

Sakitnya patah hati akan semakin bertambah dengan rasa sepi yang hanya bisa diobati dengan menghubungi dunia luar melalui jangkauan ponsel saja.
 
Mereka akan semakin sulit mendapatkan dukungan dari lingkungan yang biasa ada di sekitarnya. Lantas, bagaimana kita memberi bantuan bagi teman atau kenalan yang baru saja putus cinta
 
Dikutip dari Psychologi Today, 20/4/2020, terdapat 5 cara yang bisa dilakukan oleh orang lain untuk mendukung atau menguatkan teman atau keluarga yang tengah terpuruk akibat berpisah dari kekasih atau pasangannya di tengah masa pandemi.
 
 
1. Dengarkan apapun yang ingin disampaikan
 
Tidak usah terlalu banyak menasihati dan memintanya untuk melakukan banyak hal. Dengarkan dan iyakan apa yang ia sampaikan.
 
Buat dia merasa tidak sendiri dan dimengerti, bantu ia untuk bangkit dari masalahnya.
 
Ini juga menjadi simbol bahwa Anda berempat dan menghargai kesedihan yang sedang dialaminya. Hindarkan memberi penilaian, terlebih itu penilaian sepihak.
 
2. Alihkan perhatiannya
 
Jika ia telah puas menyampaikan perasaannya, ajak dia untuk melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan kesedihan yang tengah dialami.
 
Ajak dia berbelanja online bersama, bermain game, menonton film, atau yang lain.
Kegiatan-kegiatan ini dapat mengalihkan fokus seseorang yang sebelumnya terpaku pada kesedihan menjadi lebih rileks.
 
Jangan lupa juga untuk sering menghubunginya dan memastikan kondisinya baik-baik saja. Lakukan dengan cara yang santai sehingga tidak kaku dan membuatnya risih.
 
 
3. Bantu dia kembali membangun masa depannya
 
Berpisah dari pasangan, bagi mereka yang sudah menikah mungkin sangat lah berat. Ada banyak hal dalam hidup yang akhirnya akan menjadi tanggungan pribadi, tak ada lagi teman yang akan bahu-membahu bersama.
 
Untuk itu, tugas Anda sebagai seorang teman bantu dia menemukan jalan untuk kembali melanjutkan hidupnya.

Bantu dia mengenali potensi-potensi dalam diri yang mungkin dikembangkan dan bisa untuk menopang kebutuhan hidup ke depan.
 
4. Bawa ke kelompok pergaulan yang baru
 
Tidak ada salahnya untuk membawa teman atau orang yang Anda sayang dan tengah patah hati ini ke kelompok pergaulan Anda.
 
Biarkan dia mengenal lingkungan baru, orang-orang baru, sehingga selain menjadi hal yang menyenangkan, juga bisa membuka peluang baginya kembali menemukan belahan hati yang baru.
 
Setidaknya, dia akan memiliki jaringan sosial yang lebih luas dari sebelumnya. Dan menemukan bahwa masih banyak orang di luar sana yang peduli dengannya.

5. Ajak pegi berjalan-jalan

Terakhir adalah dengan mengajaknya pergi melihat suasana luar, karena masih masa pandemi, ingatlah untuk selalu menjaga jarak aman dan mematuhi segala protokol kesehatan yang ada.

Untuk lebih amannya, Anda mungkin bisa membawa teman Anda ke alam terbuka yang tak jauh dari tempatnya tinggal. Bisa sungai, taman, kebun, atau pantai yang luas sehingga tidak terdapat terlalu banyak orang.

Berada di alam terbuka akan sangat membantunya, karena tubuh menghasilkan hormon endorfin yang memicu kebahagiaan dan mengurangi kecemasan.

Baca juga: Zumping, Istilah Baru Putus Cinta lewat Zoom Saat Physical Distancing

Sumber: Psychology Today

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.