Lockdown karena Virus Corona, Begini Bazar Ramadhan Virtual di Malaysia...

Kompas.com - 29/04/2020, 15:13 WIB
Bazar jajanan Ramadhan di Malaysia tahun 2018 Malaysia TravelBazar jajanan Ramadhan di Malaysia tahun 2018

KOMPAS.com - Selama 15 tahun, Siti Zubaedah Abdul Wahab mengisi Ramadhan dengan berjualan martabak daging satu bulan penuh di bazar Ramadhan Malaysia.

Namun, hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan pada Ramadhan tahun ini. Martabak Mami Martabak Sultan, merek martabak milik Siti Zubaedah, kini melayani pemesanan martabak melalui WhatsApp dan Facebook.

Melansir Reuters, Selasa (28/4/2020), mereka sudah mulai membuka pemesanan sejak seminggu sebelum Ramadhan.

Baca juga: Update Virus Corona di Dunia 29 April: 3,1 Juta Kasus, 951.030 Sembuh, 217.094 Meninggal 

Hal itu terjadi setelah Pemerintah Malaysia memutuskan untuk menutup bazar Ramadhan sebagai langkah pencegahan penyebaran pandemi virus corona.

"Ini adalah pertama kalinya kami berjualan secara online. Oleh sebab itu, kami ingin memulai lebih awal agar para pelanggan bisa menemukan kami," kata Siti Zubaedah.

Bulan suci Ramadhan identik dengan kemunculan pedagang jajanan atau takjil yang melayani kebutuhan berbuka puasa umat Islam.

Baca juga: UPDATE Corona di Probolinggo: Bertambah 4 Kasus Positif, Berasal dari Klaster Makassar dan Surabaya

Namun, pandemi virus corona, dengan lebih dari 2,6 juta orang terinfeksi di seluruh dunia, telah menyebabkan perlunya langkah-langkah antisipasi yang ketat.

Pihak berwenang Malaysia telah memberlakukan lockdown hingga pertengahan Mei dan menutup bazar Ramadhan.

Bazar ini biasanya dihadiri oleh banyak orang dan menampilkan ratusan kios yang menjual makanan untuk berbuka puasa, atau makanan cepat saji.

Baca juga: Soal Prediksi Akhir Pandemi Corona, Modelling Kebijakan dan Tes Covid-19...

Kolaborasi dengan platform digital

Adanya lockdown telah memaksa ribuan pedagang kaki lima untuk bermitra dengan platform digital, seperti yang terjadi di Indonesia.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X