Catat, Ini Kesalahan Teknis Paling Umum Tidak Lolos Kartu Prakerja

Kompas.com - 29/04/2020, 08:23 WIB
Kartu Prakerja prakerja.go.idKartu Prakerja

KOMPAS.com - Proses seleksi maupun penyaluran insentif dari peserta program Kartu Prakerja masih terus berjalan. Pada Senin (27/4/2020), gelombang ketiga dari program ini telah dibuka hingga Kamis (30/4/2020) mendatang.

Sejak pertama kali pendaftaran gelombang pertama dibuka pada 11 April lalu, ada 8 juta orang yang telah mendaftar.

Pada setiap gelombang, dilakukan evaluasi pelaksanaan. Keterangan ini disampaikan oleh Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky, Selasa (28/4/2020).

Baca juga: Tak Punya Rekening BNI? Ini Cara Lain Cairkan Insentif Prakerja

"Kami mengevaluasi pelaksanaan setiap gelombang" jawab Panji

Dari hasil evaluasi yang dilakukan pada pendaftaran gelombang-gelombang seleksi, diketahui banyak peserta yang gagal pada seleksi karena kesalahan tertentu. 

Kesalahan yang paling umum dilakukan adalah karena foto tidak sesuai dengan KTP.

Baca juga: Gelombang II, 288.154 Orang Lolos Jadi Peserta Kartu Prakerja

"Lebih karena fotonya tidak sesuai dengan KTP dan tidak dikenali oleh sistem karena kualitas foto yang terlalu terang, terlalu gelap, tidak menghadap kamera, mengenakan kacamata, penutup kepala, dan lainnya" jelas Panji. 

Panji menyebutkan bahwa untuk sistem verifikasi yang dilakukan saat ini masih sama dengan gelombang-gelombang sebelumnya. 

"Masih sama verifikasinya" kata Panji.

Baca juga: Faktor Hoki, Penerima Kartu Prakerja Ditentukan Lewat Pengacakan

Proses verifikasi

Sebelumnya, pada gelombang satu, Panji menuturkan bahwa verifikasi atas data pendaftar program Kartu Prakerja dilakukan secara berlapis.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X