6 Negara Ini Kembangkan Aplikasi untuk Lacak Penyebaran Virus Corona

Kompas.com - 28/04/2020, 16:08 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Aplikasi pada ponsel pintar dan teknologi digital lain telah banyak digunakan untuk membantu membatasi penyebaran virus corona

Saat ini, negara-negara di dunia mengembangkan aplikasinya masing-masing untuk menelusuri perjalanan penyebaran virus corona di wilayahnya.

Pengembangan aplikasi di setiap negara membantu mengawasi kasus penyebaran secara lebih spesifik.

Melansir DW, berikut adalah aplikasi atau teknologi yang dikembangkan oleh beberapa negara di dunia dalam mengawasi penyebaran Covid-19 di wilayahnya:

Baca juga: Terhantam Virus Corona, Maskapai Penerbangan Kurangi 5.000 Karyawannya

1. Australia

Dengan terus bertambahnya jumlah infeksi virus corona di dunia, Australia telah meluncurkan sebuah aplikasi untuk menelusuri mereka yang melakukan kontak dengan para pasien Covid-19 yang dikonfirmasi. 

Aplikasi ini hadir di tengah kekhawatiran tentang privasi data warga negara. 

Pasalnya, aplikasi yang dinamakan COVIDSafe ini menggunakan sinyal nirkabel Bluetooth. Jadi, aplikasi ini memungkinkan pejabat kesehatan untuk mengakses informasi penting tentang interaksi seseorang jika tertular virus.

Data dari semua nomor ponsel yang dideteksi berjarak 1,5 meter dari orang yang terinfeksi selama 15 menit atau lebih akan disimpan.

Baca juga: Bupati Konawe Utara Jemput PDP Corona yang Kabur dari RS Lari ke Kebun

2. China

Aplikasi kesehatan telah menjadi sebuah unsur penting dalam pencegahan gelombang kedua infeksi Covid-19 di China. 

Pengguna aplikasi memindai kode QR untuk berbagi informasi tentang status kesehatan dan riwayat perjalanan mereka.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X