Ini Daftar 47 KA dari Jakarta yang Dibatalkan karena Covid-19

Kompas.com - 07/04/2020, 06:30 WIB
Logo KAI KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoLogo KAI

KOMPAS.com - Tiga kereta api (KA) jarak jauh keberangkatan dari Jakarta kembali dibatalkan.

Ini artinya, terdapat 47 KA keberangkatan dari stasiun daerah operasional (Daop 1) Jakarta yang dibatalkan. Sebelumnya terdapat 44 perjalanan KA jarak jauh tak jadi diberangkatkan.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunissa mengatakan, tiga KA tambahan yang dibatalkan keberangkatannya per hari ini, Senin (6/4/2020) antara lain KA Anjasmoro, KA Tawangjaya Premium, dan KA Argo Sindoro.

"Sejauh ini (tiga KA yang dibatalkan tersebut) masih sampai dengan 30 April 2020," kata Eva saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/4/2020).

Adapun KA Anjasmoro mempunyai relasi Pasar Senen-Jombang, KA Tawangjaya Premium relasi Pasar Senen-Semarang Tawang dan KA Argo Sindoro relasi Gambir-Semarang Tawang.

Baca juga: Jessica Iskandar: Nia Ramadhani Marahi Kru yang Usir Penumpang Kereta Api

Eva menjelaskan, pembatalan perjalanan KA ini sebagai salah satu upaya penekanan penyebaran virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19.

Ia menambahkan, pada 1 April hingga 1 Mei 2020 terdapat 44 KA yang dibatalkan jadwal perjalanannya untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

"Adapun pada waktu normal terdapat 67 jadwal perjalanan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta. Di antaranya 37 KA dari Stasiun Gambir, 27 KA Stasiun Pasar Senen dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota," ujar Eva.

Baca juga: Penumpang Menurun, PT KAI Kurangi Perjalanan Kereta

Aturan jarak antar penumpang 

Meski terdapat pengurangan jadwal, lanjut dia, pihaknya memastikan bahwa jarak antar penumpang pada rangkaian kereta yang masih beroperasi tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas.

Pengaturan ini dapat dilakukan karena volume penumpang yang ada pada satu rangkaian saat ini tidak banyak.

Bahkan, mayoritas kereta yang berangkat hanya mengangkut 20-30 penumpang dalam satu rangkaian.

"Okupansi penumpang tidak akan melebihi 50 persen," tutur Eva.

Sebagai tambahan informasi, volume penumpang dalam satu hari di Stasiun Gambir pada waktu normal dapat mencapai hingga 15 ribu penumpang.

Namun, saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar 1.000 orang.

Sementara, Stasiun Pasar Senen dari rata volume penumpang yang dapat mencapai sekitar 17 ribu penumpang, saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 4.000 orang.

Baca juga: 44 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dari Jakarta Dibatalkan, Begini Cara Refund Tiketnya

Pengembalian biaya

Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100 persen di luar bea pesan.

Calon penumpang dapat melakukan pembatalan tiket secara online di aplikasi KAI Access.

Selain itu, proses pembatalan juga dapat dilakukan di loket stasiun pembatalan yang ditentukan. Di antaranya Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Cikampek, Stasiun Bekasi, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Serang, dan Stasiun Bogor Paledang.

"Kali ini PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya. Namun penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA lain secara mandiri," papar Eva.

Menurut Eva, seluruh calon penumpang yang sudah membeli tiket pada jadwal KA yang dibatalkan sudah diberikan informasi terlebih dahulu melalui layanan informasi pelanggan.

Baca juga: Sepi Penumpang, KAI Divre III Palembang Hentikan Operasional Kereta 2 Jurusan

Daftar 47 KA yang dibatalkan

Berikut daftar 47 KA jarak jauh keberangkatan dari tiga stasiun di Jakarta yang dibatalkan.

1. KA 7006 Pangandaran relasi Gambir - Banjar dibatalkan tanggal 1-30 April 2020

2. KA 8 Argo Lawu relasi Gambir-Solo dibatalkan tanggal 1-30 April 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X