Jadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19, Pertamina Siapkan 52 Kamar Hotel untuk Tenaga Medis

Kompas.com - 06/04/2020, 19:30 WIB
Para tenaga medis Rumah Sakit Pertamina Pusat yang mendapatkan makan siang gratis dari perusahaan yang menaungi, Jakarta, Minggu (5/4/2020). Dokumentasi Humas Pertamina FoundationPara tenaga medis Rumah Sakit Pertamina Pusat yang mendapatkan makan siang gratis dari perusahaan yang menaungi, Jakarta, Minggu (5/4/2020).

KOMPAS.com - Pertamina menyiapkan fasilitas Rumah Sakit Darurat di Hotel Patra Jasa Jakarta serta menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) sebagai rumah sakit khusus rujukan pasien Covid-19.

Pertamina juga menyediakan sekitar 800 tenaga medis dan tenaga pendukung baik melalui rekrutmen baru maupun mendayagunakan SDM yang ada di Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ).

Di samping itu, Pertamina juga telah menyiapkan 52 kamar hotel untuk akomodasi para tenaga medis.

Direktur Utama IHC, Dr Fathema, mengatakan, telah disiapkan juga bangunan ruang rawat 90 bed modular di arena hotel Patra Jasa.

Baca juga: Tanah 1 Hektare Hibah dari Pengusaha Tasikmalaya Mampu Tampung 1.000 Makam Korban Corona

Selain itu, rehab dilakukan untuk ruang tempat tidur setingkat intensive Care Unit (ICU) dan Non ICU, laboratorium diagnostic, radiologi serta ruang IGD serta fasilitas pendukung lainnya di RSPJ.

"Perbaikan area lantai 2 dan 3 sebanyak 48 ruang di RSPJ meliputi pekerjaan arsitektur, plumbing, gas medis, elektrikal, elektronika dan pengadaan instalasi AHU," kata dia.

RS Pertamina Jaya ini juga dilengkapi dengan command center di mana 65 Rumah Sakit BUMN di seluruh Indonesia terkoneksi.

Jadi, masing-masing bisa mengetahui rumah sakit mana yang kekurangan alat dan yang masih tersedia kamar.

Command center ini memudahkan untuk antisipasi pasien dan juga memastikan layanan prima untuk pasien.

Baca juga: Mata Merah Pertanda Gejala Corona, dan Berpotensi Menular

Seluruh ruang kamar RSPJ untuk pasien Covid-19

Selain itu, seluruh ruang kamar di RSPJ akan difungsikan khusus untuk menangani pasien Covid-19.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X