Amankah Donor Darah Saat Pandemi Virus Corona? Ini Penjelasan PMI

Kompas.com - 06/04/2020, 19:15 WIB
Ilustrasi donor darah. ilustrasiIlustrasi donor darah.

KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang melanda hampir seluruh negara di dunia tentu menimbulkan banyak kekhawatiran.

Kekhawatiran ini membuat banyak orang berpikir dua kali ketika akan melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk kegiatan donor darah. Akibatnya, stok darah di sejumlah daerah pun mulai menipis.

Lantas, amankah donor darah di saat pandemi virus corona ini?

Kepala Divisi Pengembangan Unit Donor Darah (UUD) Palang Merah Indonesia ( PMI) Pusat, dr Lilis Wijaya memastikan bahwa donor darah saat pandemi virus corona tetap aman dilakukan.

Menurut Lilis, UDD PMI juga secara rutin melalakukan penyemprotan disinfektan di lingkungannya serta melakukan pengecekan terhadap siapa pun yang masuk ke dalam ruang UDD.

"Aman, karena penularan Covid-19 melalui droplet. UDD PMI juga rutin melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh ruangan UDD, petugas memakai APD yang standar dan sehat, serta melakukan skreaning suhu setiap masuk ruangan UDD," kata Lilis saat dihubungi, Senin (6/4/2020).

Baca juga: Update Virus Corona di Dunia, Berikut 10 Negara dengan Kasus Tertinggi

Tahapan sebelum donor darah

Ketika akan melakukan donor darah, PMI juga melakukan screening suhu tubuh terhadap pendonor dan menerapkan pyshical distancing pada tempat duduk antar pendonor.

Lilis pun menegaskan bahwa pihaknya selalu melakukan disinfektasi di seluruh tempat pengambilan darah dan peralatan yang dipakai.

Sebelum melakukan donor darah, pendonor diharuskan mengisi inform consent dan formulir penyelidikan epidemiologi virus corona.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X